Ayin P

13 April 2022 00:36

Iklan

Iklan

Ayin P

13 April 2022 00:36

Pertanyaan

Jaringan tubuh hewan vertebrata dapat dibedakan menjadi 4 jaringan dasar. Jaringan yang berperan pada penyediaan energi sekunder di luar sistem pencernaan melalui proses termogenesis dalam tubuh manusia adalah….


72

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Milada

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

13 April 2022 06:18

Jawaban terverifikasi

Halo Ayin, kakak bantu jawab ya :) Jawabannya adalah jaringan ikat adiposa. Tubuh manusia terdiri dari empat jenis jaringan yang berbeda, yakni jaringan otot, jaringan ikat, jaringan epitel, dan jaringan saraf. - Jaringan otot terdiri dari sel-sel yang punya kemampuan berkontraksi dan memanjang sehingga dapat membuat organ tubuh bergerak. Sel-sel pada jaringan otot tersusun dalam garis sejajar dan terikat. Hal ini menjadikan jaringan otot sebagai jaringan tubuh yang paling kuat. Umumnya, otot terbagi menjadi tiga jenis yang memiliki letak dan struktur yang berbeda, yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. - Jaringan epitel tersebar secara luas di seluruh tubuh. Struktur jaringan epitel seperti selimut yang dijahit rapat. Fungsi utama jaringan epitel adalah melapisi permukaan tubuh atau melindungi bagian terluar organ internal. - Jaringan ikat berperan dalam mendukung, melindungi, dan menahan bagian-bagian tubuh agar tetap terikat bersama. Bagian ini juga mengisi ruang kosong antar organ. Apabila tubuh Anda tidak memiliki jaringan ikat, organ jaringan pada tubuh manusia lainnya tentu akan mengambang bebas dan tidak dapat bekerja. Selain itu, jaringan ini juga berperan dalam menyimpan lemak, membantu memindahkan nutrisi dan zat lain antara jaringan organ, serta membantu memperbaiki jaringan rusak. Jaringan ikat terdiri dari jaringan adiposa berperan sebagai anti obesitas karena memiliki kemampuan mengoksidasi asam lemak dan glukosa untuk mempertahankan thermogenesis (panas tubuh), kemudian terdiri dari serat kolagen yang menyusun tendon dan ligamen, serta tulang dan kartilago (tulang rawan). - Jaringan saraf membentuk sistem saraf manusia yang terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan saraf yang menghubungkan semua indra dengan tubuh. Secara umum, jaringan pada manusia ini mengendalikan seluruh aktivitas dalam tubuh manusia. Fungsi jaringan saraf termasuk merangsang kontraksi otot, membangun kesadaran, menciptakan memori, dan merasakan emosi. Oleh karena itu, Jaringan ikat adiposa berperan sebagai anti obesitas karena memiliki kemampuan mengoksidasi asam lemak dan glukosa untuk mempertahankan thermogenesis (panas tubuh) Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

518

0.0

Jawaban terverifikasi