Mfachry A

13 Juni 2024 03:26

Iklan

Iklan

Mfachry A

13 Juni 2024 03:26

Pertanyaan

Jaemin memberi Haechan sekotak cokelat khusus dengan massa 10 kg sebagai hadiah ulang tahun Haechan. Kotak tersebut diletakkan di atas meja. Apabila Jaemin menekan kotak tersebut ke bawah dengan gaya 40 N dan besar percepatan gravitasi g= 9,8 m/s^2, maka besar gaya normal yang bekerja pada kotak yaitu … N


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Fahri J

13 Juni 2024 06:44

Jawaban terverifikasi

Untuk menemukan besar gaya normal yang bekerja pada kotak, kita dapat menggunakan hukum kedua Newton. Dengan asumsi bahwa kotak tidak bergerak, maka gaya yang bekerja pada kotak adalah sama dengan gaya yang diterapkan oleh Jaemin, yaitu 40 N. Namun, ada gaya tambahan yang bekerja pada kotak karena percepatan gravitasi, yang dapat dihitung dengan rumus F = mg, di mana m adalah massa kotak dan g adalah percepatan gravitasi. Dengan memasukkan nilai-nilai yang diberikan, kita dapat menghitung gaya tambahan sebagai berikut: F = (10 kg) * (9,8 m/s^2) = 98 N. Oleh karena itu, besar gaya normal yang bekerja pada kotak adalah 98 N.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah kotak 2,0 kg dan sebuah kotak 3,0 kg di atas lantai horizontal yang licin sempurna memiliki pegas dengan gaya konstan 250 N/m yang ditekan di antara keduanya. Apabila tekanan awal pegas adalah 6,0 cm, tentukan percepatan setiap kotak sesaat setelah dilepaskan!

1

5.0

Jawaban terverifikasi