Jesslyn A

07 Juli 2024 04:03

Iklan

Iklan

Jesslyn A

07 Juli 2024 04:03

Pertanyaan

Ini akan efektif jika sendok terbuat dari bahan...

Ini akan efektif jika sendok terbuat dari bahan...

alt

14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nail K

07 Juli 2024 05:35

Jawaban terverifikasi

<p>E. Logam</p><p>Ketika air panas dituangi ke dalam cangkir kaca, suhu cangkir yang berubah tiba-tiba dapat menyebabkan cangkir itu retak akibat ekspansi termal yang tidak sama rata. Untuk membantu menyerap dan mendistribusikan panas lebih merata, sendok logam itu diletakkan di dalam cangkir dan ini akan mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir tersebut. Logam memiliki arus termal yang baik sehingga cepat menyebar panas dengan merata.</p>

E. Logam

Ketika air panas dituangi ke dalam cangkir kaca, suhu cangkir yang berubah tiba-tiba dapat menyebabkan cangkir itu retak akibat ekspansi termal yang tidak sama rata. Untuk membantu menyerap dan mendistribusikan panas lebih merata, sendok logam itu diletakkan di dalam cangkir dan ini akan mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir tersebut. Logam memiliki arus termal yang baik sehingga cepat menyebar panas dengan merata.


Azka F

10 Juli 2024 04:30

terima kasih

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

07 Juli 2024 05:18

Penjelasan soal nomor 34: Pertanyaan: Untuk mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir gelas saat dituangi air panas, ke dalam cangkir diletakkan sendok. Ini akan efektif jika sendok terbuat dari bahan.... Pilihan Jawaban: A. Plastik B. Karet C. Kayu D. Gelas/kaca E. Logam Jawaban yang benar: B. Karet Penjelasan: Ketika air panas dituangkan ke dalam cangkir gelas, terjadi perubahan suhu yang drastis. Hal ini dapat menyebabkan cangkir gelas pecah karena tegangan termal. Sendok logam memiliki konduktivitas termal yang tinggi, sehingga dapat dengan cepat menyerap panas dari air panas dan mentransfernya ke cangkir gelas. Hal ini dapat memperparah tegangan termal dan meningkatkan kemungkinan pecahnya cangkir gelas. Sendok plastik memiliki konduktivitas termal yang lebih rendah daripada sendok logam, sehingga tidak dapat dengan cepat menyerap panas dari air panas. Hal ini membantu mengurangi tegangan termal pada cangkir gelas dan menurunkan kemungkinan pecahnya cangkir gelas. Sendok kayu memiliki konduktivitas termal yang lebih rendah daripada sendok plastik. Selain itu, kayu juga merupakan bahan yang bersifat isolator, sehingga dapat membantu menjaga panas air panas di dalam cangkir. Hal ini membuat sendok kayu menjadi pilihan yang paling efektif untuk mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir gelas saat dituangi air panas. Sendok gelas/kaca memiliki konduktivitas termal yang tinggi, sehingga tidak efektif untuk mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir gelas. Kesimpulan: Sendok yang terbuat dari kayu adalah yang paling efektif untuk mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir gelas saat dituangi air panas. Alasan: * Kayu memiliki konduktivitas termal yang rendah. * Kayu bersifat isolator, sehingga dapat membantu menjaga panas air panas di dalam cangkir. Catatan: * Efektivitas sendok dalam mengurangi kemungkinan pecahnya cangkir gelas juga tergantung pada faktor lain, seperti ketebalan cangkir gelas dan kualitas air panas. * Sebaiknya gunakan cangkir gelas yang terbuat dari bahan yang tahan panas dan hindari menuangkan air panas terlalu cepat ke dalam cangkir gelas.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berapa kenaikan raksa pada barometer tersebut?

4

0.0

Jawaban terverifikasi