A A

23 Agustus 2023 00:51

Iklan

Iklan

A A

23 Agustus 2023 00:51

Pertanyaan

Indonesia beriklim tropis sehingga mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Agar tetap produktif sepanjang tahun, upaya penyesuaian masyarakat di bidang pertanian terhadap iklim tersebut…. a. Memilih jenis tanaman yang sesuai b. Memantau waktu pergantian musim c. Mengembangkan teknologi pertanian d. Menentukan waktu tanam dan panen e. Meningkatkan massa tanaman di suatu lahan

Indonesia beriklim tropis sehingga mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Agar tetap produktif sepanjang tahun, upaya penyesuaian masyarakat di bidang pertanian terhadap iklim tersebut….

a. Memilih jenis tanaman yang sesuai

b. Memantau waktu pergantian musim

c. Mengembangkan teknologi pertanian

d. Menentukan waktu tanam dan panen

e. Meningkatkan massa tanaman di suatu lahan


23

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Miftah B

Community

23 Agustus 2023 01:06

Jawaban terverifikasi

Halo sobat 👋 Jawaban: Opsi yang tepat adalah D. Menentukan waktu tanam Dan panen Penjelasan: Dalam menghadapi iklim tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau, masyarakat di bidang pertanian perlu melakukan penyesuaian agar tetap produktif sepanjang tahun. Salah satu upaya yang paling efektif adalah menentukan waktu tanam dan panen yang tepat. Dengan mengetahui kapan musim hujan akan datang dan kapan musim kemarau akan berakhir, petani dapat menanam tanaman pada waktu yang tepat sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang optimal. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini adalah “menentukan waktu tanam dan panen”. Indonesia terletak pada 95°-141°BT, yang berarti wilayahnya melintasi beberapa garis bujur. Akibatnya, Indonesia memiliki tiga zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Oleh karena itu, pengaruh posisi garis bujur tersebut adalah “wilayahnya terbagi menjadi tiga waktu”.


Iklan

Iklan

Syarifah S

27 September 2023 04:00

<p>d.menentukan waktu tanam dan panen.</p>

d.menentukan waktu tanam dan panen.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi lapisan ozon di atmosfer adalah.,,

290

0.0

Jawaban terverifikasi