Ahmad W

29 Juli 2020 03:10

Iklan

Iklan

Ahmad W

29 Juli 2020 03:10

Pertanyaan

Indonesia berdasarkan letak geografisnya wilayah Indonesia dilewati oleh dua gatis khayal yaitu garis wallece dan weber yang dapat menyebabkan terjadinya perbedaan yaitu daerah bagian barat,timur dan peralihan.jelaskan perbedaan ciri2 fauna yang ada pada masing2 daerah tersebut dan berikan minimal 2 cintoh nama hewannya!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Chanisya

14 Maret 2022 17:09

Jawaban terverifikasi

Halo Ahmad, kakak bantu jawab ya. Fauna di Indonesia berdasarkan Wallace dan Weber dibagi menjadi 3, yaitu Oriental, Australia, dan Peralihan. 1)Jenis-jenis hewan tipe Oriental ditemukan di Indonesia bagian barat, yaitu Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Hewan tipe oriental memiliki kesamaan dengan hewan yang ditemukan di Asia. Ciri­-ciri tipe oriental adalah merupakan mammalia berukuran besar, tidak ada hewan berkantong, dan burung memiliki warna yang kurang menarik. Contoh hewan tipe oriental adalah gajah dan banteng. 2)Jenis-jenis hewan tipe Australia ditemukan di Indonesia bagian timur, yaitu Papua, Maluku, dan pulau-pulau di sekitarnya. Hewan tipe autralia memiliki kesamaan dengan hewan yang ditemukan di Australia. Ciri­-ciri tipe australia adalah merupakan mammalia berukuran kecil, hewan berkantong, dan burung memiliki warna yang beragam. Contoh hewan tipe australia adalah kangguru dan burung cendrawasih. 3)Hewan peralihan adalah hewan yang memiliki ciri-ciri hewan Oriental dan Australia. Contoh hewan tipe peralihan adalah babirusa dan anoa. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Callissta R

09 Agustus 2020 14:04

1. Tipe Asiatis (Barat) ciri” : mamalia besar, primata contoh hewan : harimau sumatra, badak jawa 2. Tipe Peralihan ciri” : hewan endemik (hewan yang hanya terdapar di daerah tertentu saja) contoh hewan : komodo, anoa, maleo, tarsius 3. Tipe Australis ciri” : mamalia kecil, hewan berkantung, burung sayap indah contoh hewan : kangguru, burung cendrawasih


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud sistem reproduksi pada wanita?

4

0.0

Jawaban terverifikasi