A A

23 Agustus 2023 01:09

Iklan

Iklan

A A

23 Agustus 2023 01:09

Pertanyaan

Indonesia bagian barat banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif. Hal ini disebabkan oleh… A. Lempeng tektonik yang relatif lebih tipis B. Perbesaan masa lempeng yang terlalu jauh C. Dilalui rangkaian pegunungan sirkum mediterania D. Proses pengangkatan lempeng tektonik cukup lama E. Posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih

Indonesia bagian barat banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif. Hal ini disebabkan oleh…

A. Lempeng tektonik yang relatif lebih tipis

B. Perbesaan masa lempeng yang terlalu jauh

C. Dilalui rangkaian pegunungan sirkum mediterania

D. Proses pengangkatan lempeng tektonik cukup lama

E. Posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rasen R

23 Agustus 2023 01:27

Jawaban terverifikasi

<p>bantu jwb kk</p><p>&nbsp;</p><p>Salah satu alasan mengapa Indonesia bagian barat banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif adalah karena<strong> (E)</strong> <strong>posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih</strong> <sup>1,2</sup>. Indonesia terletak di atas tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Ketiga lempeng ini saling bertumbukan dan membentuk zona subduksi, yaitu tempat di mana salah satu lempeng masuk ke bawah lempeng lainnya. Zona subduksi ini menyebabkan magma naik ke permukaan dan membentuk gunung berapi <sup>3,4</sup>.</p><p>&nbsp;</p><p>Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan Anda adalah <strong>E. Posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih</strong>.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jawaban lainnya <u>tidak sesuai</u> dengan fakta geologi yang ada. Berikut penjelasannya:</p><ul><li>A. Lempeng tektonik yang relatif lebih tipis. Lempeng tektonik yang lebih tipis biasanya terdapat di dasar samudera, bukan di daratan. Lempeng tektonik yang lebih tipis juga tidak berpengaruh langsung terhadap keberadaan gunung berapi <sup>5</sup>.</li><li>B. Perbedaan masa lempeng yang terlalu jauh. Perbedaan masa lempeng tidak ada hubungannya dengan aktivitas gunung berapi. Yang mempengaruhi aktivitas gunung berapi adalah pergerakan dan tumbukan antar-lempeng .</li><li>C. Dilalui rangkaian pegunungan sirkum mediterania. Pegunungan sirkum mediterania adalah pegunungan yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Afrika dan lempeng Eurasia. Pegunungan ini terletak di sekitar Laut Mediterania, bukan di Indonesia .</li><li>D. Proses pengangkatan lempeng tektonik cukup lama. Proses pengangkatan lempeng tektonik adalah proses di mana salah satu lempeng naik ke atas lempeng lainnya. Proses ini biasanya terjadi di zona konvergen, yaitu tempat di mana dua lempeng saling mendekat. Proses ini dapat membentuk pegunungan, tetapi tidak selalu berhubungan dengan gunung berapi .</li></ul><p>&nbsp;</p><p>referensi</p><p>1. https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/07/100000969/mengapa-indonesia-mempunyai-banyak-gunung-berapi-</p><p>2. https://tirto.id/mengapa-indonesia-mempunyai-banyak-gunung-berapi-gulk</p><p>3. https://kumparan.com/berita-update/alasan-banyaknya-gunung-berapi-di-indonesia-beserta-daftarnya-1whxgo3U41J</p><p>4. https://inet.detik.com/science/d-6357788/ini-rahasianya-kenapa-indonesia-punya-banyak-gunung-api</p><p>5. https://t.me/kompascomupdate</p>

bantu jwb kk

 

Salah satu alasan mengapa Indonesia bagian barat banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif adalah karena (E) posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih 1,2. Indonesia terletak di atas tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Ketiga lempeng ini saling bertumbukan dan membentuk zona subduksi, yaitu tempat di mana salah satu lempeng masuk ke bawah lempeng lainnya. Zona subduksi ini menyebabkan magma naik ke permukaan dan membentuk gunung berapi 3,4.

 

Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan Anda adalah E. Posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih

 

Jawaban lainnya tidak sesuai dengan fakta geologi yang ada. Berikut penjelasannya:

  • A. Lempeng tektonik yang relatif lebih tipis. Lempeng tektonik yang lebih tipis biasanya terdapat di dasar samudera, bukan di daratan. Lempeng tektonik yang lebih tipis juga tidak berpengaruh langsung terhadap keberadaan gunung berapi 5.
  • B. Perbedaan masa lempeng yang terlalu jauh. Perbedaan masa lempeng tidak ada hubungannya dengan aktivitas gunung berapi. Yang mempengaruhi aktivitas gunung berapi adalah pergerakan dan tumbukan antar-lempeng .
  • C. Dilalui rangkaian pegunungan sirkum mediterania. Pegunungan sirkum mediterania adalah pegunungan yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Afrika dan lempeng Eurasia. Pegunungan ini terletak di sekitar Laut Mediterania, bukan di Indonesia .
  • D. Proses pengangkatan lempeng tektonik cukup lama. Proses pengangkatan lempeng tektonik adalah proses di mana salah satu lempeng naik ke atas lempeng lainnya. Proses ini biasanya terjadi di zona konvergen, yaitu tempat di mana dua lempeng saling mendekat. Proses ini dapat membentuk pegunungan, tetapi tidak selalu berhubungan dengan gunung berapi .

 

referensi

1. https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/07/100000969/mengapa-indonesia-mempunyai-banyak-gunung-berapi-

2. https://tirto.id/mengapa-indonesia-mempunyai-banyak-gunung-berapi-gulk

3. https://kumparan.com/berita-update/alasan-banyaknya-gunung-berapi-di-indonesia-beserta-daftarnya-1whxgo3U41J

4. https://inet.detik.com/science/d-6357788/ini-rahasianya-kenapa-indonesia-punya-banyak-gunung-api

5. https://t.me/kompascomupdate


Iklan

Iklan

Miftah B

Community

23 Agustus 2023 05:19

Jawaban terverifikasi

Halo sobat 👋 Jawaban: E. Posisi lempeng tektonik yang saling tumpah tindih. Penjelasan: Indonesia bagian barat terletak di wilayah yang disebut Cincin Api Pasifik, yang merupakan daerah di mana lempeng tektonik bertemu dan saling bertumbukan. Di daerah ini, terdapat interaksi antara beberapa lempeng tektonik besar, seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Eurasia. Proses tumpang tindih antara lempeng-lempeng ini menyebabkan aktivitas geologi yang tinggi, termasuk erupsi gunung berapi. Ketika dua lempeng bertumbukan, salah satu lempeng mungkin akan menyusup di bawah lempeng lainnya dalam proses yang disebut subduksi. Subduksi ini sering kali terjadi di zona subduksi, yang merupakan zona di mana lempeng tektonik bertemu dan salah satu lempeng menunjam di bawah lempeng lainnya. Selama proses subduksi, lempeng yang menyusup di bawah lempeng lainnya menjadi panas dan meleleh, sehingga membentuk magma yang naik ke permukaan dan menyebabkan erupsi gunung berapi. Ini adalah alasan mengapa Indonesia bagian barat memiliki sejumlah besar gunung berapi yang masih aktif.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kota di Indonesia yang menurut sejarah pertumbuhannya berasal dari pertambangan adalah .... a. Dumai, Tembagapura, Bogor b. Bandung, Pematang Siantar, Cepu c. Palembang, Deli Serdang, Soroako d. Jakarata, Kuala Tanjung, Surabaya e. Sawah Lunto, Soroako, Bontang, Duma

599

0.0

Jawaban terverifikasi