Gwen J

13 Februari 2024 08:19

Iklan

Iklan

Gwen J

13 Februari 2024 08:19

Pertanyaan

ilmuwan yang pertama kali mengemukakan teori asal mula kehidupan

ilmuwan yang pertama kali mengemukakan teori asal mula kehidupan


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 22:12

Jawaban terverifikasi

<p>Louis Pasteur, seorang ilmuwan Prancis, tidak secara langsung memaparkan teori asal usul kehidupan, tetapi karyanya pada abad ke-19 memainkan peran kunci dalam menentang teori generatio spontanea yang berpendapat bahwa kehidupan dapat timbul secara spontan dari bahan tak hidup. Pasteur melakukan eksperimen dengan menggunakan alat yang dikenal sebagai "swan neck flask" atau labu leher angsa untuk membuktikan bahwa mikroorganisme tidak muncul secara spontan, melainkan berasal dari mikroorganisme yang sudah ada sebelumnya.</p><p>Namun, teori asal usul kehidupan secara evolusioner lebih banyak dikaitkan dengan Charles Darwin, yang menyajikan teori evolusi dalam bukunya "On the Origin of Species" pada tahun 1859. Teori ini menjelaskan bahwa kehidupan berevolusi melalui proses seleksi alam dari bentuk kehidupan yang lebih primitif menjadi bentuk yang lebih kompleks. Meskipun teori Darwin tidak secara khusus membahas asal usul kehidupan, konsep evolusi yang diusungnya menjadi dasar bagi pemahaman tentang bagaimana kehidupan dapat berkembang seiring waktu.</p>

Louis Pasteur, seorang ilmuwan Prancis, tidak secara langsung memaparkan teori asal usul kehidupan, tetapi karyanya pada abad ke-19 memainkan peran kunci dalam menentang teori generatio spontanea yang berpendapat bahwa kehidupan dapat timbul secara spontan dari bahan tak hidup. Pasteur melakukan eksperimen dengan menggunakan alat yang dikenal sebagai "swan neck flask" atau labu leher angsa untuk membuktikan bahwa mikroorganisme tidak muncul secara spontan, melainkan berasal dari mikroorganisme yang sudah ada sebelumnya.

Namun, teori asal usul kehidupan secara evolusioner lebih banyak dikaitkan dengan Charles Darwin, yang menyajikan teori evolusi dalam bukunya "On the Origin of Species" pada tahun 1859. Teori ini menjelaskan bahwa kehidupan berevolusi melalui proses seleksi alam dari bentuk kehidupan yang lebih primitif menjadi bentuk yang lebih kompleks. Meskipun teori Darwin tidak secara khusus membahas asal usul kehidupan, konsep evolusi yang diusungnya menjadi dasar bagi pemahaman tentang bagaimana kehidupan dapat berkembang seiring waktu.


Iklan

Iklan

Arviany R

15 Februari 2024 11:36

Jawaban terverifikasi

Louis Pasteur adalah seorang ahli kimia sekaligus mikrobiologi asal Prancis. Pasteur adalah seorang ilmuan terkemuka yang menyumbangkan ilmunya bagi kemajuan sains, teknologi, juga Percobaan Louis Pasteur tersebut menunjukkan bahwa kehidupan tidak muncul secara tiba-tiba seperti yang dikemukakan oleh teori generasi spontan. Namun, kehidupan berasal dari kehidupan lain sesuai dengan teori biogenesis.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mohon bantuannya

7

0.0

Jawaban terverifikasi