Ayu P

22 Juli 2023 01:22

Iklan

Iklan

Ayu P

22 Juli 2023 01:22

Pertanyaan

Identifikasikan mengenai permasalah-permasalahan dalam pengelolaan sumber daya alam!

Identifikasikan mengenai permasalah-permasalahan dalam pengelolaan sumber daya alam!


59

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rnd R

22 Juli 2023 01:46

Jawaban terverifikasi

<p>bantu jwb kk smg sesuai sm yg di harapkan</p><p>&nbsp;</p><p>Pengelolaan sumber daya alam adalah proses kompleks dan penting untuk menjaga keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan. Tapi, ada beberapa masalah yang sering dihadapi dalam pengelolaan sumber daya alam, antara lain:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Overexploitasi atau Eksploitasi Berlebihan: Penambangan, perburuan, atau pemanenan berlebihan dari sumber daya alam tertentu dapat menyebabkan penurunan populasi dan bahkan kepunahan spesies, serta mengganggu ekosistem.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Deforestasi: Penggundulan hutan secara besar-besaran untuk pertanian, industri, atau pemukiman dapat menyebabkan kerugian habitat, berkurangnya keragaman hayati, dan meningkatkan emisi karbon dioksida yang berkontribusi pada perubahan iklim.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Polusi dan Pencemaran: Pencemaran lingkungan melalui pelepasan limbah industri, pertanian, dan domestik dapat merusak ekosistem dan mempengaruhi kualitas air, tanah, dan udara.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Perubahan Iklim: Emisi gas rumah kaca dari berbagai aktivitas manusia, seperti bahan bakar fosil, menyebabkan perubahan iklim global yang dapat mempengaruhi cuaca, pola curah hujan, dan suhu di seluruh dunia.</p><p>&nbsp;</p><p>5. Pengurangan Keragaman Hayati: Kehilangan spesies flora dan fauna akibat pembalakan, perubahan habitat, dan perubahan iklim dapat menyebabkan penurunan keragaman hayati dan mempengaruhi rantai makanan dan ekosistem.</p><p>&nbsp;</p><p>6. Konflik Sumber Daya: Persaingan atas sumber daya alam, seperti air, lahan, atau mineral, dapat menyebabkan konflik antara komunitas, kelompok etnis, atau negara.</p><p>&nbsp;</p><p>7. Kegagalan Kebijakan dan Pengawasan: Implementasi kebijakan yang lemah dan kurangnya pengawasan dapat menyebabkan eksploitasi yang tidak bertanggung jawab terhadap sumber daya alam dan melanggar prinsip keberlanjutan.</p><p>&nbsp;</p><p>8. Perubahan Penggunaan Lahan: Konversi lahan alami menjadi lahan pertanian, perumahan, atau industri dapat mengakibatkan hilangnya habitat alami dan meningkatkan risiko bencana alam.</p><p>&nbsp;</p><p>9. Penyusutan Akuifer: Pemanfaatan berlebihan dari akuifer (sumber air bawah tanah) dapat menyebabkan penurunan permukaan tanah (subsiden) dan kelangkaan air bersih.</p><p>&nbsp;</p><p>10. Masalah Lingkungan Laut: Overfishing, limbah plastik, dan polusi laut lainnya dapat mengancam keberlanjutan ekosistem laut dan kelangsungan hidup berbagai spesies laut.</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam menghadapi masalah ini, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan menjadi sangat penting, melibatkan pengambilan keputusan yang bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam, pemantauan yang baik, serta implementasi kebijakan dan tindakan yang mendukung keberlanjutan dan perlindungan lingkungan.</p>

bantu jwb kk smg sesuai sm yg di harapkan

 

Pengelolaan sumber daya alam adalah proses kompleks dan penting untuk menjaga keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan. Tapi, ada beberapa masalah yang sering dihadapi dalam pengelolaan sumber daya alam, antara lain:

 

1. Overexploitasi atau Eksploitasi Berlebihan: Penambangan, perburuan, atau pemanenan berlebihan dari sumber daya alam tertentu dapat menyebabkan penurunan populasi dan bahkan kepunahan spesies, serta mengganggu ekosistem.

 

2. Deforestasi: Penggundulan hutan secara besar-besaran untuk pertanian, industri, atau pemukiman dapat menyebabkan kerugian habitat, berkurangnya keragaman hayati, dan meningkatkan emisi karbon dioksida yang berkontribusi pada perubahan iklim.

 

3. Polusi dan Pencemaran: Pencemaran lingkungan melalui pelepasan limbah industri, pertanian, dan domestik dapat merusak ekosistem dan mempengaruhi kualitas air, tanah, dan udara.

 

4. Perubahan Iklim: Emisi gas rumah kaca dari berbagai aktivitas manusia, seperti bahan bakar fosil, menyebabkan perubahan iklim global yang dapat mempengaruhi cuaca, pola curah hujan, dan suhu di seluruh dunia.

 

5. Pengurangan Keragaman Hayati: Kehilangan spesies flora dan fauna akibat pembalakan, perubahan habitat, dan perubahan iklim dapat menyebabkan penurunan keragaman hayati dan mempengaruhi rantai makanan dan ekosistem.

 

6. Konflik Sumber Daya: Persaingan atas sumber daya alam, seperti air, lahan, atau mineral, dapat menyebabkan konflik antara komunitas, kelompok etnis, atau negara.

 

7. Kegagalan Kebijakan dan Pengawasan: Implementasi kebijakan yang lemah dan kurangnya pengawasan dapat menyebabkan eksploitasi yang tidak bertanggung jawab terhadap sumber daya alam dan melanggar prinsip keberlanjutan.

 

8. Perubahan Penggunaan Lahan: Konversi lahan alami menjadi lahan pertanian, perumahan, atau industri dapat mengakibatkan hilangnya habitat alami dan meningkatkan risiko bencana alam.

 

9. Penyusutan Akuifer: Pemanfaatan berlebihan dari akuifer (sumber air bawah tanah) dapat menyebabkan penurunan permukaan tanah (subsiden) dan kelangkaan air bersih.

 

10. Masalah Lingkungan Laut: Overfishing, limbah plastik, dan polusi laut lainnya dapat mengancam keberlanjutan ekosistem laut dan kelangsungan hidup berbagai spesies laut.

 

Dalam menghadapi masalah ini, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan menjadi sangat penting, melibatkan pengambilan keputusan yang bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam, pemantauan yang baik, serta implementasi kebijakan dan tindakan yang mendukung keberlanjutan dan perlindungan lingkungan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kota di Indonesia yang menurut sejarah pertumbuhannya berasal dari pertambangan adalah .... a. Dumai, Tembagapura, Bogor b. Bandung, Pematang Siantar, Cepu c. Palembang, Deli Serdang, Soroako d. Jakarata, Kuala Tanjung, Surabaya e. Sawah Lunto, Soroako, Bontang, Duma

560

0.0

Jawaban terverifikasi