Sheren N

08 Februari 2023 13:56

Iklan

Iklan

Sheren N

08 Februari 2023 13:56

Pertanyaan

Hasna menganalisis konflik antarwarga dalam penerimaan bantuan sosial tunai (BST) di Kelurahan Kaliwungu. Dalam proses pemetaan konflik ia menemukan fakta adanya pihak ketiga yang memicu konflik antarwarga. Pihak ketiga tersebut memanipulasi data sehingga bantuan tidak tepat sasaran. Warga yang seharusnya menerima bantuan sosial adalah warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19. Akan tetapi, bantuan tersebut justru diberikan kepada warga yang perekonomiannya telah mapan. Berdasarkan ilustrasi, akar penyebab konflik dapat dikategorikan dalam dimensi sosiologis berupa.... a. ketidakadilan sosial dan kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi b. polarisasi sosial dan kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi c. egoisme dan prasangka negatif terhadap orang lain d. kesenjangan sosial dan kesalahpahaman budaya e. ketidakadilan sosial dan eksklusivisme

Hasna menganalisis konflik antarwarga dalam penerimaan bantuan sosial tunai (BST) di Kelurahan Kaliwungu. Dalam proses pemetaan konflik ia menemukan fakta adanya pihak ketiga yang memicu konflik antarwarga. Pihak ketiga tersebut memanipulasi data sehingga bantuan tidak tepat sasaran. Warga yang seharusnya menerima bantuan sosial adalah warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19. Akan tetapi, bantuan tersebut justru diberikan kepada warga yang perekonomiannya telah mapan.

Berdasarkan ilustrasi, akar penyebab konflik dapat dikategorikan dalam dimensi sosiologis berupa....

a. ketidakadilan sosial dan kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi

b. polarisasi sosial dan kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi 

c. egoisme dan prasangka negatif terhadap orang lain

d. kesenjangan sosial dan kesalahpahaman budaya

e. ketidakadilan sosial dan eksklusivisme


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

17 Januari 2024 13:03

Jawaban terverifikasi

Dari pertanyaan yang diberikan, kita dapat mengidentifikasi bahwa subjek yang dibahas adalah sosiologi, dengan topik khusus tentang konflik sosial. Konsep yang diangkat dalam pertanyaan ini adalah tentang akar penyebab konflik dalam dimensi sosiologis. Penjelasan: 1. Dalam ilustrasi yang diberikan, konflik antarwarga dipicu oleh pihak ketiga yang memanipulasi data bantuan sosial tunai (BST). Hal ini menyebabkan bantuan yang seharusnya diberikan kepada warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19, justru diberikan kepada warga yang perekonomiannya telah mapan. 2. Dari situ, kita dapat melihat bahwa ada ketidakadilan sosial yang terjadi, dimana bantuan yang seharusnya diterima oleh warga yang membutuhkan, malah diberikan kepada warga yang tidak membutuhkan. Ini mencerminkan adanya ketidakadilan dalam distribusi bantuan. 3. Selain itu, kebutuhan dasar warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19 tidak terpenuhi. Hal ini juga menjadi salah satu akar penyebab konflik. Kesimpulan: Berdasarkan penjelasan di atas, akar penyebab konflik dalam ilustrasi ini dapat dikategorikan dalam dimensi sosiologis berupa ketidakadilan sosial dan kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi (pilihan a).


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Januari 2024 15:12

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Ketidakadilan Sosial:</strong></p><ul><li>Pihak ketiga yang memanipulasi data menyebabkan ketidakadilan sosial karena bantuan sosial yang seharusnya diberikan kepada warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19 malah diberikan kepada warga yang perekonomiannya telah mapan. Ini menciptakan ketidakadilan dalam distribusi bantuan sosial.</li></ul><p><strong>Kebutuhan Dasar yang Tidak Terpenuhi:</strong></p><ul><li>Konflik muncul karena kebutuhan dasar warga yang seharusnya mendapatkan bantuan tidak terpenuhi. Warga yang seharusnya menjadi sasaran utama BST tidak mendapatkan bantuan yang seharusnya mereka terima, sehingga menimbulkan konflik di antara mereka.</li></ul>

jawabannya adalah A.

 

 

Ketidakadilan Sosial:

  • Pihak ketiga yang memanipulasi data menyebabkan ketidakadilan sosial karena bantuan sosial yang seharusnya diberikan kepada warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19 malah diberikan kepada warga yang perekonomiannya telah mapan. Ini menciptakan ketidakadilan dalam distribusi bantuan sosial.

Kebutuhan Dasar yang Tidak Terpenuhi:

  • Konflik muncul karena kebutuhan dasar warga yang seharusnya mendapatkan bantuan tidak terpenuhi. Warga yang seharusnya menjadi sasaran utama BST tidak mendapatkan bantuan yang seharusnya mereka terima, sehingga menimbulkan konflik di antara mereka.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

330

5.0

Jawaban terverifikasi