Indah N

04 Desember 2023 22:32

Iklan

Iklan

Indah N

04 Desember 2023 22:32

Pertanyaan

Hal yang membuktikan n i lai Religius sesuai Pancasila telah terkandung pada kehidupan masyarakat masa Praaksara

Hal yang membuktikan nilai Religius sesuai Pancasila telah terkandung pada kehidupan masyarakat masa Praaksara


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Wisnuu W

06 Desember 2023 22:59

Jawaban terverifikasi

<p>Masa Praaksara di Indonesia belum memiliki catatan tertulis yang mendetail, namun beberapa temuan arkeologis memberikan indikasi tentang adanya nilai-nilai religius yang terkandung dalam kehidupan masyarakat tersebut.</p><p>1. <strong>Seni dan Artefak </strong>Religius: Temuan-temuan arkeologis, seperti relief atau patung-patung kecil, bisa memberikan petunjuk tentang keberadaan kepercayaan atau praktik religius. Masyarakat praaksara mungkin telah mencerminkan kehidupan spiritual melalui seni dan artefak tersebut.</p><p>2. <strong>Pemujaan Alam</strong>: Kehidupan masyarakat praaksara diduga sangat tergantung pada alam. Mereka mungkin memiliki kepercayaan atau ritual-ritual terkait pemujaan terhadap elemen-elemen alam, yang mencerminkan nilai religius terkait dengan kehidupan sehari-hari.</p><p>3. <strong>Tradisi Lisan</strong>: Pada masa itu, informasi dan nilai-nilai sering disampaikan melalui tradisi lisan. Cerita-cerita atau mitos yang diwariskan secara lisan dapat mencerminkan nilai-nilai religius yang terkandung dalam kehidupan masyarakat praaksara.</p><p>Meskipun bukti konkret tentang nilai religius sesuai Pancasila mungkin sulit ditemukan pada masa praaksara, ada kemungkinan bahwa prinsip-prinsip kesatuan, kemanusiaan, dan keadilan—yang juga terdapat dalam Pancasila—mungkin telah tercermin dalam kehidupan masyarakat praaksara melalui keberagaman kepercayaan dan praktik spiritual yang mereka anut.</p>

Masa Praaksara di Indonesia belum memiliki catatan tertulis yang mendetail, namun beberapa temuan arkeologis memberikan indikasi tentang adanya nilai-nilai religius yang terkandung dalam kehidupan masyarakat tersebut.

1. Seni dan Artefak Religius: Temuan-temuan arkeologis, seperti relief atau patung-patung kecil, bisa memberikan petunjuk tentang keberadaan kepercayaan atau praktik religius. Masyarakat praaksara mungkin telah mencerminkan kehidupan spiritual melalui seni dan artefak tersebut.

2. Pemujaan Alam: Kehidupan masyarakat praaksara diduga sangat tergantung pada alam. Mereka mungkin memiliki kepercayaan atau ritual-ritual terkait pemujaan terhadap elemen-elemen alam, yang mencerminkan nilai religius terkait dengan kehidupan sehari-hari.

3. Tradisi Lisan: Pada masa itu, informasi dan nilai-nilai sering disampaikan melalui tradisi lisan. Cerita-cerita atau mitos yang diwariskan secara lisan dapat mencerminkan nilai-nilai religius yang terkandung dalam kehidupan masyarakat praaksara.

Meskipun bukti konkret tentang nilai religius sesuai Pancasila mungkin sulit ditemukan pada masa praaksara, ada kemungkinan bahwa prinsip-prinsip kesatuan, kemanusiaan, dan keadilan—yang juga terdapat dalam Pancasila—mungkin telah tercermin dalam kehidupan masyarakat praaksara melalui keberagaman kepercayaan dan praktik spiritual yang mereka anut.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara adalah…

553

5.0

Jawaban terverifikasi

1.Bagaimana hubungan antar Perundang - undangan sesuai dg herarkis tata urutan ? 2. Simaklah beberapa peraturan perundangan apakah peraturan tersebut SBG terjemahan atas peraturan perundangan atau tumpang tindih ? ( UU no 12 Tahun 2011, UU no 23Tahun 2014, UU No 25 Tahun 2004 ) 3 . Tuliskan peraturan perundangan yg di undangkan atas perintah TAP MPR NO I / MPR/ 2003 4.sebutkan produk UU atas perintah UUD NRI Tahun 1945 ( pasal18, pasal 22, pasal 23, Pasal 26 , Pasal 27,pasal ,pasal 28, pasal 29, pasal 30 ,pasal 31 dan pasal 33 )

274

2.2

Lihat jawaban (3)