Laily A

17 Maret 2020 04:54

Iklan

Iklan

Laily A

17 Maret 2020 04:54

Pertanyaan

hak mencetak uang diindonesia adalah bank indonesia, namun dalam kenyataanya bank indonesia tidak melakukannya sendiri melainkan memberikan tugas itu kepada perum peruri mengapa bank indonesia melakukan hal tersebut?


39

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Bonnat B

17 Maret 2020 13:28

Jawaban terverifikasi

pencetakan rupiah tetap dilakukan oleh BI di dalam negeri dengan menunjuk badan usaha milik negara sebagai pelaksana pencetakan rupiah, dalam hal ini BI menunjuk Perum Peruri karena produk yang dicetak oleh Perum Peruri mempunyai ciri khusus yang mengutamakan unsur-unsur pengamanan atau security feature pada setiap cetakannya.


Iklan

Iklan

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

24 Desember 2021 09:37

Jawaban terverifikasi

Halo Laily, kakak bantu jawab yaa :) Jawaban: Karena Bank Indonesia tidak memiliki alat untuk mencetak uang dan jika Bank Indonesia ikut mencetak uang, Bank Indonesia menjadi kurang fokus dalam menjalankan kebijakan moneter. Penjelasan: Bank Indonesia merupakan bank sentral yang menjalankan kebijakan moneter di Indonesia. Salah satu kebijakan moneter yang dijalankan Bank Indonesia adalah mencetak dan mengedarkan uang. Namun pada kenyataannya, pencetakan uang dilakukan oleh Perum Peruri. Hal ini dilakukan karena Bank Indonesia tidak memiliki alat untuk mencetak uang. Selain, jika Bank Indonesia turut mencetak uang maka Bank Indonesia kurang fokus dalam menjalankan kebijakan moneter. Karena dalam kebijakan moneter yang terpenting adalah pengedaran dan penarikan uangnya. Semoga dapat membantu. Terima kasih sudah bertanya dan terus gunakan Roboguru untuk membantu kamu ya!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Seorang anak SMP memiliki daya permintaan permen lollipop yang dinyatakan kedalam fungsi yaitu Qd=2000-5P, dan diketahui bahwa harga 1 permen lollipop adalah Rp 100. Maka tentukanlah banyak permen yang diminta dan buatkan kurva permintaannya!

10

5.0

Jawaban terverifikasi