Zil Z

21 Februari 2024 13:04

Iklan

Iklan

Zil Z

21 Februari 2024 13:04

Pertanyaan

Hai, tolong bantu jawab ya. Saya tunggu terima kasih

Hai, tolong bantu jawab ya. Saya tunggu terima kasih

alt

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Februari 2024 00:15

Jawaban terverifikasi

<p>Ketika terjadi inflasi, kreditur atau pemberi pinjaman berpotensi mengalami kerugian nilai ekonomis karena nilai mata uang menurun. Dampak ini dapat dirasakan dalam konteks investasi atau pinjaman sebagai berikut:</p><p><strong>Investasi:</strong></p><p><strong>Nilai Aset Menurun:</strong> Jika kreditur memiliki investasi dalam bentuk aset atau instrumen keuangan dengan nilai tetap, seperti obligasi atau saham, nilai aktual dari investasi tersebut dapat tergerus oleh inflasi. Nilai riil investasi tersebut akan menurun seiring dengan peningkatan tingkat inflasi.</p><p><strong>Pengurangan Daya Beli Dividen:</strong> Jika kreditur memiliki investasi dalam saham yang membayar dividen, inflasi dapat menyebabkan pengurangan daya beli dividen tersebut. Meskipun nominal dividen mungkin meningkat, nilai riilnya bisa berkurang karena inflasi.</p><p><strong>Pinjaman:</strong></p><p><strong>Nilai Kembali yang Berkurang:</strong> Jika kreditur memberikan pinjaman dengan nilai tertentu, inflasi dapat menyebabkan nilai kembali dari pinjaman tersebut kurang bernilai di masa depan. Kreditur mungkin mendapatkan kembali jumlah uang yang sama, tetapi daya belinya menurun.</p><p><strong>Kemungkinan Suku Bunga Rendah:</strong> Untuk melawan inflasi, bank sentral mungkin cenderung menjaga suku bunga rendah. Ini dapat berdampak negatif pada kreditur karena mereka mungkin mendapatkan kembali pinjaman dengan nilai aktual yang lebih rendah.</p><p><strong>Kurangnya Kompensasi untuk Risiko Inflasi:</strong> Jika kontrak pinjaman tidak mencakup klausul yang memberikan kompensasi tambahan untuk risiko inflasi, kreditur dapat mengalami kerugian karena pembayaran yang diharapkan tidak mencerminkan nilai riil dari uang yang dipinjamkan.</p>

Ketika terjadi inflasi, kreditur atau pemberi pinjaman berpotensi mengalami kerugian nilai ekonomis karena nilai mata uang menurun. Dampak ini dapat dirasakan dalam konteks investasi atau pinjaman sebagai berikut:

Investasi:

Nilai Aset Menurun: Jika kreditur memiliki investasi dalam bentuk aset atau instrumen keuangan dengan nilai tetap, seperti obligasi atau saham, nilai aktual dari investasi tersebut dapat tergerus oleh inflasi. Nilai riil investasi tersebut akan menurun seiring dengan peningkatan tingkat inflasi.

Pengurangan Daya Beli Dividen: Jika kreditur memiliki investasi dalam saham yang membayar dividen, inflasi dapat menyebabkan pengurangan daya beli dividen tersebut. Meskipun nominal dividen mungkin meningkat, nilai riilnya bisa berkurang karena inflasi.

Pinjaman:

Nilai Kembali yang Berkurang: Jika kreditur memberikan pinjaman dengan nilai tertentu, inflasi dapat menyebabkan nilai kembali dari pinjaman tersebut kurang bernilai di masa depan. Kreditur mungkin mendapatkan kembali jumlah uang yang sama, tetapi daya belinya menurun.

Kemungkinan Suku Bunga Rendah: Untuk melawan inflasi, bank sentral mungkin cenderung menjaga suku bunga rendah. Ini dapat berdampak negatif pada kreditur karena mereka mungkin mendapatkan kembali pinjaman dengan nilai aktual yang lebih rendah.

Kurangnya Kompensasi untuk Risiko Inflasi: Jika kontrak pinjaman tidak mencakup klausul yang memberikan kompensasi tambahan untuk risiko inflasi, kreditur dapat mengalami kerugian karena pembayaran yang diharapkan tidak mencerminkan nilai riil dari uang yang dipinjamkan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bantu jawaban pin ya yg nomor 30 🙏🏻😊

9

5.0

Jawaban terverifikasi