Dhia F

24 Mei 2024 03:38

Iklan

Iklan

Dhia F

24 Mei 2024 03:38

Pertanyaan

Gustave versphik adalah orang Belanda yang melawan Kesultanan

Gustave versphik adalah orang Belanda yang melawan Kesultanan


149

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Mei 2024 04:00

Jawaban terverifikasi

Jawaban: Gustave Verspijk adalah orang Belanda yang melawan Pangeran Hidayatullah dan Demang Leman. Penjelasan: Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, memang banyak terjadi perlawanan dari masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Hidayatullah dan Demang Leman. Gustave Verspijk, sebagai pihak penjajahan Belanda, memiliki peranan dalam memerangi tokoh-tokoh perlawanan tersebut. Gustave Verspijk adalah seorang pejabat kolonial Belanda yang bertugas di Hindia Timur, atau yang kini dikenal sebagai Indonesia. Ia dikenal karena pertempurannya melawan Pangeran Hidayatullah dan Demang Leman, tokoh-tokoh perlawanan dari masyarakat setempat. Pangeran Hidayatullah adalah seorang penguasa Kesultanan Banjar yang berperan penting dalam perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Ia dikenal karena perjuangannya dalam mempertahankan wilayah Kesultanan Banjar dari dominasi kolonial Belanda. Demang Leman, di sisi lain, adalah tokoh perlawanan dari masyarakat Banjar. Ia menjabat sebagai demang, atau pemimpin di tingkat desa, dan aktif dalam memberikan perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Gustave Verspijk, dalam kapasitasnya sebagai pejabat kolonial Belanda, berperan dalam memerangi Pangeran Hidayatullah dan Demang Leman. Ia menempati posisi penting dalam strategi militer Belanda untuk menumpas perlawanan dari masyarakat setempat. Namun, perlu dicatat bahwa perjuangan Pangeran Hidayatullah dan Demang Leman merupakan bagian penting dari sejarah perlawanan Indonesia terhadap penjajahan Belanda. Mereka adalah simbol dari keberanian dan keteguhan masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 05:42

Jawaban terverifikasi

<p>Gustave Marie Verspyck (19 Februari 1822 – 7 Mei 1909) adalah jenderal Belanda yang memimpin berbagai ekspedisi militer di Hindia Belanda dan ajudan raja di dinas luar biasa.</p><p>dan melawan kesultanan Hidayatullah dan Demang Lehman.</p>

Gustave Marie Verspyck (19 Februari 1822 – 7 Mei 1909) adalah jenderal Belanda yang memimpin berbagai ekspedisi militer di Hindia Belanda dan ajudan raja di dinas luar biasa.

dan melawan kesultanan Hidayatullah dan Demang Lehman.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

diketahui sebuah persegi kelilingnya adalah 108cm. berapakah luas persegi tersebut?

9

5.0

Jawaban terverifikasi