Ayu Z

17 November 2023 03:23

Iklan

Iklan

Ayu Z

17 November 2023 03:23

Pertanyaan

Globalisasi berdmapak pada masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke dalam negeri. Jumlah TKA di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 98.902 orang.Berdasarkan data tersebut TKA berasal dari Tiongkok menduduki peringkat pertama yaitu 35.781 orang atau sekitar 36,17%. Selanjutnya Jepang sebanyak 12.823 orang, Korea Selatan 9.097 orang, India 7.356 orang, Malaysia 4.816 orang, Filipina 4.536 0rang, Amerika Serikat 2.596 orang, Australia 2.540 orang,Inggris 2.176 orang,Singapura 1.946 orang, dan 15.187 orang dari negara lain.TKA terserap dalam beberapa sektor seperti konstruksi,transportasi dan perdagangan. Berdasrkan informasi tersebut diatas upaya apa yang tepat menghadapi globalisasi ?

Globalisasi berdmapak pada masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke dalam negeri. Jumlah TKA di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 98.902 orang.Berdasarkan data tersebut TKA berasal dari Tiongkok menduduki peringkat pertama yaitu 35.781 orang atau sekitar 36,17%. Selanjutnya Jepang sebanyak 12.823 orang, Korea Selatan 9.097 orang, India 7.356 orang, Malaysia 4.816 orang, Filipina 4.536 0rang, Amerika Serikat 2.596 orang, Australia 2.540 orang,Inggris 2.176 orang,Singapura 1.946 orang, dan 15.187 orang dari negara lain.TKA terserap dalam beberapa sektor seperti konstruksi,transportasi dan perdagangan.

Berdasrkan informasi tersebut diatas  upaya apa yang tepat menghadapi globalisasi ?


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

17 November 2023 12:31

Jawaban terverifikasi

<p>Upaya yang tepat menghadapi globalisasi, khususnya masuknya TKA ke dalam negeri, adalah sebagai berikut:</p><ul><li><strong>Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)</strong>. SDM yang berkualitas dapat bersaing dengan TKA, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap TKA. Upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dapat dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, dan peningkatan keterampilan.</li><li><strong>Memperbaiki iklim investasi</strong>. Iklim investasi yang baik akan menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini akan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga dapat mengurangi pengangguran. Upaya untuk memperbaiki iklim investasi dapat dilakukan melalui reformasi birokrasi, pemberian insentif, dan perlindungan hukum.</li><li><strong>Mengembangkan sektor-sektor unggulan</strong>. Sektor-sektor unggulan yang memiliki daya saing tinggi akan mampu menarik investasi asing dan menciptakan lapangan kerja baru. Upaya untuk mengembangkan sektor-sektor unggulan dapat dilakukan melalui penelitian dan pengembangan, serta pemberian subsidi.</li></ul><p>Berdasarkan informasi yang Anda berikan, TKA di Indonesia terserap dalam beberapa sektor, yaitu konstruksi, transportasi, dan perdagangan. Sektor-sektor ini merupakan sektor-sektor yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, memperbaiki iklim investasi, dan mengembangkan sektor-sektor unggulan, perlu difokuskan pada sektor-sektor tersebut.</p><p>Selain itu, pemerintah juga perlu melakukan regulasi yang mengatur masuknya TKA ke dalam negeri. Regulasi ini perlu dibuat untuk melindungi tenaga kerja Indonesia, khususnya dalam hal upah, jaminan sosial, dan hak-hak lainnya.</p><p>Berikut adalah beberapa contoh upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk menghadapi globalisasi, khususnya masuknya TKA ke dalam negeri:</p><ul><li><strong>Membuat regulasi yang mengatur kuota TKA</strong>. Regulasi ini dapat mengatur jumlah TKA yang boleh masuk ke dalam negeri, serta sektor-sektor yang boleh diisi oleh TKA.</li><li><strong>Membuat regulasi yang mengatur persyaratan TKA</strong>. Regulasi ini dapat mengatur kualifikasi pendidikan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh TKA.</li><li><strong>Membuat regulasi yang mengatur penempatan TKA</strong>. Regulasi ini dapat mengatur hak-hak TKA, seperti upah, jaminan sosial, dan hak-hak lainnya.</li></ul><p>Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan, agar dapat menghadapi globalisasi secara efektif dan tidak menimbulkan dampak negatif.</p>

Upaya yang tepat menghadapi globalisasi, khususnya masuknya TKA ke dalam negeri, adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM yang berkualitas dapat bersaing dengan TKA, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap TKA. Upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dapat dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, dan peningkatan keterampilan.
  • Memperbaiki iklim investasi. Iklim investasi yang baik akan menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini akan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga dapat mengurangi pengangguran. Upaya untuk memperbaiki iklim investasi dapat dilakukan melalui reformasi birokrasi, pemberian insentif, dan perlindungan hukum.
  • Mengembangkan sektor-sektor unggulan. Sektor-sektor unggulan yang memiliki daya saing tinggi akan mampu menarik investasi asing dan menciptakan lapangan kerja baru. Upaya untuk mengembangkan sektor-sektor unggulan dapat dilakukan melalui penelitian dan pengembangan, serta pemberian subsidi.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, TKA di Indonesia terserap dalam beberapa sektor, yaitu konstruksi, transportasi, dan perdagangan. Sektor-sektor ini merupakan sektor-sektor yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, memperbaiki iklim investasi, dan mengembangkan sektor-sektor unggulan, perlu difokuskan pada sektor-sektor tersebut.

Selain itu, pemerintah juga perlu melakukan regulasi yang mengatur masuknya TKA ke dalam negeri. Regulasi ini perlu dibuat untuk melindungi tenaga kerja Indonesia, khususnya dalam hal upah, jaminan sosial, dan hak-hak lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk menghadapi globalisasi, khususnya masuknya TKA ke dalam negeri:

  • Membuat regulasi yang mengatur kuota TKA. Regulasi ini dapat mengatur jumlah TKA yang boleh masuk ke dalam negeri, serta sektor-sektor yang boleh diisi oleh TKA.
  • Membuat regulasi yang mengatur persyaratan TKA. Regulasi ini dapat mengatur kualifikasi pendidikan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh TKA.
  • Membuat regulasi yang mengatur penempatan TKA. Regulasi ini dapat mengatur hak-hak TKA, seperti upah, jaminan sosial, dan hak-hak lainnya.

Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan, agar dapat menghadapi globalisasi secara efektif dan tidak menimbulkan dampak negatif.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Maret 2024 00:57

Jawaban terverifikasi

<p>Menghadapi dampak globalisasi, khususnya masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke dalam negeri, diperlukan upaya-upaya yang tepat untuk menjaga keberlangsungan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan:</p><p><strong>Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja Lokal</strong>: Salah satu langkah penting adalah meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal. Ini dapat dilakukan melalui program pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga tenaga kerja lokal dapat bersaing dengan TKA dalam pasar kerja.</p><p><strong>Regulasi dan Pengawasan yang Ketat</strong>: Pemerintah perlu memperketat regulasi terkait penggunaan TKA di dalam negeri, termasuk prosedur pengajuan dan penerimaan TKA. Pengawasan yang ketat juga diperlukan untuk memastikan bahwa TKA mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku dan tidak merugikan tenaga kerja lokal.</p><p><strong>Pengembangan Sumber Daya Manusia</strong>: Selain meningkatkan keterampilan tenaga kerja, penting juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara menyeluruh, termasuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan pada TKA.</p><p><strong>Pembangunan Ekonomi Berbasis Lokal</strong>: Pemerintah perlu mendorong pembangunan ekonomi berbasis lokal dengan memberikan insentif kepada sektor-sektor ekonomi yang mampu menyerap banyak tenaga kerja lokal. Ini dapat dilakukan melalui investasi dalam infrastruktur, promosi industri-industri lokal, dan pelaksanaan kebijakan yang mendukung pelaku usaha lokal.</p><p><strong>Kerja Sama Internasional</strong>: Menghadapi dampak globalisasi tidak bisa dilakukan secara sendirian. Pemerintah perlu melakukan kerja sama dengan negara-negara lain untuk memastikan bahwa masuknya TKA tidak merugikan tenaga kerja lokal dan tidak melanggar hak-hak pekerja. Kerja sama internasional juga penting dalam membangun kerangka kerja yang adil dan berkelanjutan dalam perdagangan dan investasi internasional.</p><p><br>&nbsp;</p>

Menghadapi dampak globalisasi, khususnya masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke dalam negeri, diperlukan upaya-upaya yang tepat untuk menjaga keberlangsungan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan:

Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja Lokal: Salah satu langkah penting adalah meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal. Ini dapat dilakukan melalui program pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga tenaga kerja lokal dapat bersaing dengan TKA dalam pasar kerja.

Regulasi dan Pengawasan yang Ketat: Pemerintah perlu memperketat regulasi terkait penggunaan TKA di dalam negeri, termasuk prosedur pengajuan dan penerimaan TKA. Pengawasan yang ketat juga diperlukan untuk memastikan bahwa TKA mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku dan tidak merugikan tenaga kerja lokal.

Pengembangan Sumber Daya Manusia: Selain meningkatkan keterampilan tenaga kerja, penting juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara menyeluruh, termasuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan pada TKA.

Pembangunan Ekonomi Berbasis Lokal: Pemerintah perlu mendorong pembangunan ekonomi berbasis lokal dengan memberikan insentif kepada sektor-sektor ekonomi yang mampu menyerap banyak tenaga kerja lokal. Ini dapat dilakukan melalui investasi dalam infrastruktur, promosi industri-industri lokal, dan pelaksanaan kebijakan yang mendukung pelaku usaha lokal.

Kerja Sama Internasional: Menghadapi dampak globalisasi tidak bisa dilakukan secara sendirian. Pemerintah perlu melakukan kerja sama dengan negara-negara lain untuk memastikan bahwa masuknya TKA tidak merugikan tenaga kerja lokal dan tidak melanggar hak-hak pekerja. Kerja sama internasional juga penting dalam membangun kerangka kerja yang adil dan berkelanjutan dalam perdagangan dan investasi internasional.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

. Puncak kemarahan diponegoro terjadi dan hingga meletuslah perang setelah...

481

5.0

Jawaban terverifikasi