Bustami B

21 April 2020 04:43

Iklan

Iklan

Bustami B

21 April 2020 04:43

Pertanyaan

gimana psoses terjadi ny petir


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Risman A

23 April 2020 08:59

Jawaban terverifikasi

pada saat musim hujan,keadaan udara mengandung Air yang lebih tinggi yang dapat membuat daya isolasinya turun sehingga arus/ muatan listrik lebih mudah untuk mengalir.petir terjadi ketika elektron di bahwah awan tertarik oleh proton di daratan.


Iklan

Iklan

N. Ma'Rifati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

06 Januari 2022 00:21

Jawaban terverifikasi

Halo Bustami, kakak bantu jawab juga yaa. Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial yang tinggi antara awan dan bumi, yah. Berikut adalah penjelasannya. Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim penghujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi atau lainnya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Nah, petir sendiri lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa petir terjadi karena adanya perbedaan potensial yang tinggi antara awan dan bumi. Semoga membantu ya!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kawasan bodetabek yang memiliki fungsi sebagai penyangga kota Jakarta dalam kaitannya dengan penyediaan barang dan jasa bagi penduduk perkotaan merupakan bentuk dari konsep geografis ...

6

0.0

Jawaban terverifikasi