Iklan

Iklan

Yohana N

23 November 2020 05:20

Pertanyaan

gimana cara mencari biaya tetap dan menentukan harga per unitnya


122

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

O. Yohana

Mahasiswa/Alumni Universitas Jenderal Soedirman

01 Januari 2022 13:35

Jawaban terverifikasi

Halo Yohana N, Kakak bantu jawab ya :) Jawaban: Cara menghitung biaya tetap adalah Total Cost (TC) – (Unit Variable Cost (UVC) x Quantity) dan cara menghitung harga per unit adalah Total biaya yang dikeluarkan dalam satu kali produksi : jumlah produksi yang dihasilkan. Penjelasan: Biaya tetap adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan secara konstan (tetap) setiap melakukan produksi. Biaya tetap merupakan biaya yang pengeluarannya bukan setip hari, misalnya satu bulan, satu tahun, atau beberapa periode tertentu. Dilihat dari nominalnya, biaya tetap yang dikeluarkan perusahaan akan lebih besar daripada biaya variabel. Pada dasarnya biaya tetap adalah biaya yang tidak berhubungan langsung dengan proses produksi karena apabila terjadi pengurangan produksi, nominal biaya tetap cenderung tidak berubah. Pada segi penentuan harga, biaya tetap sangat jarang digunakan sebagai acuan dalam penentuan harga produk. Contoh biaya tetap adalah biaya sewa gedung, biaya asuransi, pajak bumi dan bangunan, biaya penyusutan, biaya air, listrik, dan telepon. Berikut cara menghitung biaya tetap dan harga per unit: 1. Cara menghitung biaya tetap Biaya tetap (Fixed Cost/FC) = Total Cost (TC) – (Unit Variable Cost (UVC) x Quantity) 2. Cara menghitung harga per unit Harga per unit = Total biaya yang dikeluarkan dalam satu kali produksi : jumlah produksi yang dihasilkan Jadi, cara menghitung biaya tetap adalah Total Cost (TC) – (Unit Variable Cost (UVC) x Quantity) dan cara menghitung harga per unit adalah Total biaya yang dikeluarkan dalam satu kali produksi : jumlah produksi yang dihasilkan. Semoga membantu Yohana N, semangat :)


Iklan

Iklan

Nida D

26 November 2020 11:38

biaya tetap (fixed cost), bersifat dinamis konstan tidak dipengaruhi besar kecilnya jumlah produksi. contoh, biaya tenaga kerja, penyusutan mesin, dll.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

dalam pembagian SHU terdapat prinsip bahwa SHU anggota harus di bagikan secara transparan .jelaskan maksud pernyataan tsb.

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan