Ivanka D

04 Juli 2020 15:58

Iklan

Iklan

Ivanka D

04 Juli 2020 15:58

Pertanyaan

gigi dianggap sebagai bagian dari tengkorak. Tetapi,kenapa tidak dianggap sebagai tulang??


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

16 Februari 2022 05:40

Jawaban terverifikasi

Halo Ivanka, kakak bantu jawab yaa :) Gigi tidak dianggap sebagai tulang karena memiliki zat penyusun yang berbeda dengan tulang. Tulang merupakan alat gerak pasif manusia. Selain sebagai alat gerak pasif, tulang juga berfungsi sebagai tempat perlekatan otot, tempat penyimpanan mineral, memfasilitasi pergerakan tubuh, tempat pembentukan sel darah, tempat produksi sel imun, dan tempat penyimpanan energi tubuh. Berdasarkan bentuknya, tulang dibagi menjadi 5 macam, yaitu tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulang tidak beraturan, dan tulang sesamoid. Zat penyusun gigi hampir sama dengan zat penyusun tulang. Pada gigi terdapat protein yang dinamakan amelogenin dan enamelin. Pada gigi juga terdapat senyawa yang mengandung unsur magnesium (Mg), natrium (Na) dan F (Florin). Sedangkan pada tulang, sebagian besar terdiri dari kolagen. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Sasi N

05 Juli 2020 16:40

gigi terdiri dari kalsium, fosfor, dan mineral tulang mempunyai beberapa tambahan zat seperti sodium dan kolagen protein. Gigi tidak memiliki kemampuan regenerasi. Ini menyebabkan gigi tidak dapat tumbuh kembali bila rusak, berbeda dengan tulang yang dapat menumbuhkan sel baru untuk mengatasi kerusakan apabila terjadi. karena gigi terdiri dari jaringan yang memiliki kalsium, dentin yang keras. Berbeda dengan tulang, yang terdiri dari periosteum padat dan lembut atau sel yang dapat membentuk tulang baru dan memperbaikinya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Apabila suatu induk memiliki genotif AaBbCcDdEE, maka gametnya berjumlah ..... macam !

11

5.0

Jawaban terverifikasi

seekor limpa yang sedang berjalan tiba tiba tubuhnya melingkar ketika di sentuh .kejadian tersebut, menunjukan makhluk hidup memiliki kemampuan ?... A. adaptasi B. iritabilitas C. metabolisme D. gerak

5

5.0

Lihat jawaban (5)