Dinda P

10 September 2020 00:41

Iklan

Iklan

Dinda P

10 September 2020 00:41

Pertanyaan

genotip dan fenotip adalah sifat yang diturunkan keturunannya, contohnya adalah? , please jawabannya dong, butuh bangetttt ๐Ÿ™


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

04 Maret 2022 05:32

Jawaban terverifikasi

Halo Dinda, kakak bantu jawab yaa :) Contoh gentipe adalah rasa buah. Genotipe dibedakan menjadi tiga macam, yaitu genotipe dominan homozigot (contohnya, MM membawa sifat manis), genotipe heterozigot (contohnya, Mm membawa sifat manis), dan genotipe resesif (contohnya, mm membawa sifat asam). Sedangkan fenotipe adalah sifat yang dapat diamati oleh mata seperti bentuk biji, bentuk buah dan warna bunga. Hukum Mendel merupakan hukum mengenai pewarisan sifat pada organisme yang ditemukan oleh Gregor mendel. Dalam Hukum Mendel terdapat istilah-istilah sebagai berikut: 1. Parental (P) adalah induk yang disilangkan, misalnya P1 merupakan induk dalam penyilangan pertama dan P2 merupakan induk dalam penyilangan kedua. 2. Gamet (G) adalah sel kelamin jantan atau betina. 3. Filial (F) adalah hasil keturunan atau anak, misalnya F1 merupakan keturunan pertama dan F2 merupakan keturunan kedua. 3. Gen adalah faktor pembawa sifat. Gen dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gen dominan dan gen resesif. 4. Alel merupakan pasangan gen yang terdapat pada kromosom sehomolog (dari kedua induknya) yang menunjukkan sifat altematif sesamanya. Contohnya, panjang dengan pendek. 5. Genotipe (tipe gen) adalah keadaan genetik dari suatu individu atau populasi. Genotipe merupakan faktor pembawa sifat dari kedua induknya. Genotipe dibedakan menjadi tiga macam, yaitu genotipe dominan homozigot (contohnya, MM membawa sifat manis), genotipe heterozigot (contohnya, Mm membawa sifat manis), dan genotipe resesif (contohnya, mm membawa sifat asam). 6. Fenotipe adalah sifat yang muncul atau dapat diamati dari suatu organisme (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, atau perilaku). Contoh bentuk biji, bentuk buah dan warna bunga. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Syakura Z

10 September 2020 13:09

a. genotip adalah gen/sifat tak terlihat yang diturunkan pada filial/anak. contoh : a) satu sifat GG (cuping telinga menggantung) Gg(cuping telinga) menggantungheterozigot) gg (cuping telinga menempel) b) dua sifat BBKK (bulat kuning homozigot) BbKk (bulat kuning heterozigot) bbkk (keriput kuning)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

organisme transgenik diperoleh dengan cara?

211

0.0

Jawaban terverifikasi