Firda D

20 Maret 2020 04:55

Iklan

Iklan

Firda D

20 Maret 2020 04:55

Pertanyaan

Gen H pada tanaman gandum menghasilkan warna biji hitam bersifat epistasis terhadap gen K dan k. Keberadaan gen K tanpa keberadaan gen H menghasilkan warna biji kuning. Genotip kk dan hh menghasilkan warna biji putih. Disilangkan gandum berbiji hitam galur murni HHkk dan gandum berbiji putih hhKK, menghasilkan F1 yang kemudian disilangkan dengan gandum bergenotip hhkk, maka perbandingan fenotip keturunannya adalah ….


20

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

07 Januari 2022 06:34

Jawaban terverifikasi

Hallo kakak bantu jawab yaa Perbandingan rasio fenotipe pada keturunan keduanya (F2) adalah hitam : kuning : putih = 2 : 1 : 1. Kita bahas lebih lanjut Yuk! Epitasis dan hipotasis merupakan bentuk interaksi ketika suatu gen mengalahkan gen lainnya yang bukan sealel. Gen yang menutupi (menghalangi) kemunculan karakter disebut gen epistasis. Sementara itu, gen yang ditutupi (dihalangi) disebut hipostatis. Salah satu jenis epistasis adalah epistasis dominan. Epistatis dominan terjadi jika gen yang menutupi kerja gen lainnya bersifat dominan. Berdasarkan soal tersebut, persilangan yang terjadi antara tanaman gandum yang bergenotipe HHkk dengan tanaman gandum bergenotipe hhKK adalah sebagai berikut. P1 : ♀ HHkk > < ♂ hhKK (hitam) (kuning) G1 : Hk hK F1 : 100% HhKk (hitam) Kemudian, keturunan pertama (F1) disilangkan dengan tanaman gandum yang bergenotipe hhkk (putih), sehingga persilangan yang dihasilkan adalah sebagai berikut. P2 : ♀ HhKk > < ♂ hhkk (hitam) (putih) G2 : HK, Hk, hK, hk hk F2 : tabel persilangan terlampir Fenotipe pada F2: Hitam (HhKk dan Hhkk) = 2 Kuning (hhKk) = 1 Putih (hhkk) = 1 Jadi, rasio fenotipe pada keturunan keduanya (F2) adalah hitam : kuning : putih = 2 : 1 : 1. Semoga membantu :)

alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

formula kromosom / atau kariotipe dari lumba-lumba yang jumlah kromosomnya 44 dan tembakau jumlah kromosomnya 48 Baik pada sel somatic/ sel tubuh dan sel kelamin/ sel

17

0.0

Jawaban terverifikasi