Mila P

13 Agustus 2023 04:03

Iklan

Iklan

Mila P

13 Agustus 2023 04:03

Pertanyaan

Gaya sebesar 12 N diberikan pada benda bermassa m kg yang berada pada bidang datar yang kasar. Jika gaya gesekan 10 N dan besar percepatan yang dialami benda 0,5 m/s, maka nilai m adalah ….


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

13 Agustus 2023 05:25

Jawaban terverifikasi

Petunjuk pengerjaan Untuk mengerjakan soal diperlukan pemahaman umum tentang gaya dan resultan gaya. Penjelasan Gaya Gaya adalah sebuah anggapan tarikan atau dorongan terhadap suatu benda, gaya menyebabkan suatu perubahan pergerakan posisi serta bentuk benda tersebut. Gaya dianggap memiliki nilai serta arah, sehingga masuk kedalam besaran vektor. Gaya memiliki simbol F(force). Rumus gaya: F = m.a Keterangan F = resultan gaya(total kekuatan gaya berupa kilogram) M = massa benda tersebut berupa kilogram A = percepatan benda tersebut per meter. Resultan gaya Resultan gaya adalah total keseluruhan dari jumlah gaya, resultan gaya termasuk besaran vektor karena memiliki nilai serta arah juga. Resultan gaya searah akan menambahkan jumlah total gaya tersebut karena searah, mengurangi jika berlawanan arah serta seimbang lebih kecil atau lebih besar, namun berbeda dengan tegak lurus dibagi serta kuadrat. Rumus resultan gaya: R= F1-F2(untuk arah berlawanan dan seimbang dari besar dikurangi kecil) R = F1+F2(searah maka gaya dari F1 ditambah) R = √F1^2 + F2^2 (Resultan dari gaya tegak lurus) Keterangan: R = Resultan gaya atau (n) F = gaya yang bekerja pada benda tersebut. Kesimpulan Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa gaya ada untuk menghitung gaya percepatan atau pengurangan kecepatan pada benda tersebut, serta resultan gaya terfokus pada total gaya yang dimiliki. Pembahasan perhitungan soal diatas: Pertama mengetahui resultan gayanya, karena berlawanan menggunakan resultan berlawanan. R = F1 - F2 R = 12 - 10 R = 2 Setelah itu menghitungkan dengan rumus gaya F =M.A 2 = m x 0,5 m = 2/0,5 m = 4 Maka jawaban m nilainya adalah 4kg.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

13 Agustus 2023 09:27

Jawaban terverifikasi

Dalam masalah ini, kita memiliki sebuah benda dengan gaya yang diberikan sebesar 12 N, gaya gesek sebesar 10 N, dan percepatan sebesar 0.5 m/s². Kita dapat menggunakan Hukum II Newton, yang menyatakan bahwa gaya total yang bekerja pada benda adalah produk dari massa benda dan percepatannya: Gaya total = massa × percepatan Gaya total adalah gaya yang diberikan dikurangi gaya gesekan: Gaya total = Gaya yang diberikan - Gaya gesek Substitusi nilai-nilai yang diberikan: Gaya total = 12 N - 10 N = 2 N Kemudian, kita dapat menggunakan Hukum II Newton untuk mencari nilai massa m: massa × percepatan = Gaya total massa × 0.5 m/s² = 2 N massa = 2 N / 0.5 m/s² = 4 kg Jadi, nilai massa m dari benda tersebut adalah 4 kg.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

roda a, b dan c dihubungkan dengan tali (ra= 2 cm, rb = 4 cm, rc = 6 cm) seperti gambar. jika kecepatan sudut roda c sebesar 60 rad.s-1, maka kecepatan linier roda b adalah....m/s a. 720,0 b. 72,0 c. 10,8 d. 7,2 e. 3,6

388

3.5

Jawaban terverifikasi