Unknown U

18 Maret 2022 10:03

Iklan

Iklan

Unknown U

18 Maret 2022 10:03

Pertanyaan

Gas yang berasal dari proses pembakaran bahan bakar fosil (kendaraan bermotor) dan pembakaran batubara (pabrik dan pembangkit energi listrik) berupa (...............................................) akan menguap ke udara. Sebagian lainnya bercampur dengan O2 yang dihirup oleh makhluk hidup dan sisanya akan(.................................................................................................) SO2 dan NOx (NO2dan NO3) yang menguap ke udara akan bercampur dengan embun. Dengan bantuan (.......................................................) senyawa tersebut akan diubah menjadi tetesantetesan asam yang kemudian turun ke bumi sebagai hujan asam.


20

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Zulaiha

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

22 Maret 2022 03:50

Jawaban terverifikasi

Halo Adek, Kakak bantu jawab ya :) Jawaban bagian rumpang 1 yaitu gas karbon dioksida (CO2), gas karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), dan sulfur dioksida (SO2). Jawaban bagian rumpang 2 yaitu mengendap di tanah Jawaban bagian rumpang 3 yaitu cahaya matahari. Pembakaran minyak bumi seperti bahan bakar fosil dan pembakaran batu bara akan menghasilkan gas polutan seperti gas karbon dioksida (CO2), gas karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), dan sulfur dioksida (SO2). Gas tersebut akan menguap ke udara dan sebagian akan bercampur dengan oksigen yang dapat dihirup oleh makhluk hidup dan sisanya mengendap di tanah. Sulfur dioksida (SO2) dan Nitrogen dioksida (NO2) dapat mengakibatkan terjadinya hujan asam. Hal ini dikarenakan SO2 dan NOx (NO2 dan NO3) yang menguap ke udara akan bercampur dengan embun. Dengan bantuan cahaya matahari, senyawa tersebut akan diubah menjadi tetesan-tetesan asam yang kemudian turun ke bumi sebagai hujan asam. Hujan asam ketika jatuh ke tanah akan bersifat asam sehingga dapat mengakibatkan rusaknya sejumlah patung, bangunan, kematian tanaman, dan terganggunya kehidupan organisme dalam tanah. Jadi, jawaban bagian rumpang 1 yaitu gas karbon dioksida (CO2), gas karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), dan sulfur dioksida (SO2). Jawaban bagian rumpang 2 yaitu mengendap di tanah. Jawaban bagian rumpang 3 yaitu cahaya matahari. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jodohkan gambar dengan pola interaksi yang sesuai! 10. Beruang dengan ikan Pola interaksi a. Netralisme b. Predasi c. Simbiosis mutualisme d. Simbiosis komensalisme e. Simbiosis parasitisme f. Antibiosis

263

5.0

Jawaban terverifikasi