KUNENG U

12 November 2023 16:48

Iklan

KUNENG U

12 November 2023 16:48

Pertanyaan

Fungsi lensa pada periskop

Fungsi lensa pada periskop

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

01

:

14

:

49

:

21

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Clarinta M

12 November 2023 20:57

Jawaban terverifikasi

<p><i><strong>FUNGSI LENSA PADA PERISKOP</strong></i></p><p>memantulkan cahaya,,, cara kerjanya cahaya yang datang dipantulkan oleh cermin pertama (atas) dengan sudut 45 derajat. Kemudian pantulan cahaya tersebut mengenai permukaan cermin kedua (bawah) dan dipantulkan lagi dengan sudut 45 derajat, tepat mengarah pada matamu. Pantulan inilah yang membuatmu bisa melihat melewati tembok yang tinggi, atau sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh matamu.</p>

FUNGSI LENSA PADA PERISKOP

memantulkan cahaya,,, cara kerjanya cahaya yang datang dipantulkan oleh cermin pertama (atas) dengan sudut 45 derajat. Kemudian pantulan cahaya tersebut mengenai permukaan cermin kedua (bawah) dan dipantulkan lagi dengan sudut 45 derajat, tepat mengarah pada matamu. Pantulan inilah yang membuatmu bisa melihat melewati tembok yang tinggi, atau sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh matamu.


Iklan

Rendi R

Community

13 November 2023 03:33

Jawaban terverifikasi

<p>Lensa pada periskop berfungsi untuk membelokkan cahaya sehingga objek yang diamati dapat terlihat oleh mata pengamat. Lensa pada periskop biasanya terdiri dari dua lensa cembung, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Lensa objektif</strong> berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang diamati. Lensa ini biasanya terletak di bagian atas periskop. Lensa objektif pada periskop berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang diamati. Lensa ini biasanya terletak di bagian atas periskop.</p><p>Cahaya yang dipantulkan oleh objek yang diamati akan masuk ke lensa objektif. Lensa objektif kemudian akan membelokkan cahaya tersebut sehingga membentuk bayangan nyata dan terbalik.</p><p>Bayangan nyata dan terbalik ini kemudian akan diteruskan ke lensa okuler.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Lensa okuler</strong> berfungsi untuk memancarkan cahaya ke mata pengamat. Lensa ini biasanya terletak di bagian bawah periskop.</p><p>Lensa okuler pada periskop berfungsi untuk memancarkan cahaya ke mata pengamat. Lensa ini biasanya terletak di bagian bawah periskop.</p><p>Cahaya yang berasal dari lensa objektif akan masuk ke lensa okuler. Lensa okuler kemudian akan membelokkan cahaya tersebut sehingga membentuk bayangan maya dan tegak.</p><p>Bayangan maya dan tegak ini kemudian akan terlihat oleh mata pengamat.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan adanya lensa pada periskop, objek yang diamati dapat terlihat oleh mata pengamat dari posisi yang tersembunyi. Ini karena lensa pada periskop dapat membelokkan cahaya sehingga objek yang diamati dapat terlihat dari sudut yang berbeda.</p><p>&nbsp;</p><p>Selain itu, lensa pada periskop juga dapat digunakan untuk memperbesar objek yang diamati. Ini karena lensa pada periskop dapat memfokuskan cahaya sehingga objek yang diamati dapat terlihat lebih jelas.</p>

Lensa pada periskop berfungsi untuk membelokkan cahaya sehingga objek yang diamati dapat terlihat oleh mata pengamat. Lensa pada periskop biasanya terdiri dari dua lensa cembung, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.

 

Lensa objektif berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang diamati. Lensa ini biasanya terletak di bagian atas periskop. Lensa objektif pada periskop berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang diamati. Lensa ini biasanya terletak di bagian atas periskop.

Cahaya yang dipantulkan oleh objek yang diamati akan masuk ke lensa objektif. Lensa objektif kemudian akan membelokkan cahaya tersebut sehingga membentuk bayangan nyata dan terbalik.

Bayangan nyata dan terbalik ini kemudian akan diteruskan ke lensa okuler.

 

Lensa okuler berfungsi untuk memancarkan cahaya ke mata pengamat. Lensa ini biasanya terletak di bagian bawah periskop.

Lensa okuler pada periskop berfungsi untuk memancarkan cahaya ke mata pengamat. Lensa ini biasanya terletak di bagian bawah periskop.

Cahaya yang berasal dari lensa objektif akan masuk ke lensa okuler. Lensa okuler kemudian akan membelokkan cahaya tersebut sehingga membentuk bayangan maya dan tegak.

Bayangan maya dan tegak ini kemudian akan terlihat oleh mata pengamat.

 

Dengan adanya lensa pada periskop, objek yang diamati dapat terlihat oleh mata pengamat dari posisi yang tersembunyi. Ini karena lensa pada periskop dapat membelokkan cahaya sehingga objek yang diamati dapat terlihat dari sudut yang berbeda.

 

Selain itu, lensa pada periskop juga dapat digunakan untuk memperbesar objek yang diamati. Ini karena lensa pada periskop dapat memfokuskan cahaya sehingga objek yang diamati dapat terlihat lebih jelas.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan