Ziee Z

01 Desember 2023 13:38

Iklan

Iklan

Ziee Z

01 Desember 2023 13:38

Pertanyaan

Fenomena pembangunan gedung bertingkat di kota-kota besar di Indonesia tidak selamanya berdampak positif bagi pembangunan ekonomi setempat. Banyaknya gedung menyebabkan air hujan sulit meresap ke tanah sehingga berakibat pada ketersediaan air tanah bagi warganya. Warga pun kesulitan memperoleh air tanah untuk memenuhi kebutuhan. Bagaimana tindakan rasional dalam jangka pendek untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Fenomena pembangunan gedung bertingkat di kota-kota besar di Indonesia tidak selamanya berdampak positif bagi pembangunan ekonomi setempat. Banyaknya gedung menyebabkan air hujan sulit meresap ke tanah sehingga berakibat pada ketersediaan air tanah bagi warganya. Warga pun kesulitan memperoleh air tanah untuk memenuhi kebutuhan. Bagaimana tindakan rasional dalam jangka pendek untuk mengatasi permasalahan tersebut?


12

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

01 Desember 2023 13:47

Jawaban terverifikasi

<p>Tindakan rasional dalam jangka pendek untuk mengatasi permasalahan sulitnya air hujan meresap ke tanah dan berakibat pada ketersediaan air tanah bagi warga di kota-kota besar di Indonesia adalah sebagai berikut:</p><ul><li><strong>Pemerintah dapat menerapkan peraturan yang mewajibkan pembangunan gedung bertingkat untuk memiliki sumur resapan.</strong> Sumur resapan adalah lubang yang dibuat di dalam tanah untuk menampung air hujan. Air hujan yang ditampung dalam sumur resapan dapat meresap ke tanah dan menambah cadangan air tanah.</li><li><strong>Pemerintah juga dapat mendorong masyarakat untuk membangun sumur resapan di rumah masing-masing.</strong> Masyarakat dapat membangun sumur resapan dengan menggunakan drum plastik atau beton.</li><li><strong>Pemerintah dapat melakukan reboisasi di sekitar kota-kota besar.</strong> Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah gundul. Hutan dapat membantu menyerap air hujan dan mencegah terjadinya banjir.</li></ul><p>Selain itu, pemerintah juga dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga ketersediaan air tanah. Masyarakat dapat diajak untuk menghemat penggunaan air dan tidak membuang sampah sembarangan.</p><p>Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai tindakan-tindakan tersebut:</p><ul><li><strong>Penerapan peraturan yang mewajibkan pembangunan gedung bertingkat untuk memiliki sumur resapan</strong></li></ul><p>Peraturan ini dapat diberlakukan oleh pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Peraturan ini dapat ditegakkan oleh dinas terkait, seperti dinas perizinan atau dinas lingkungan hidup.</p><ul><li><strong>Pemberdayaan masyarakat untuk membangun sumur resapan</strong></li></ul><p>Pemerintah dapat memberikan bantuan teknis dan finansial kepada masyarakat untuk membangun sumur resapan. Bantuan tersebut dapat berupa pelatihan, bantuan bahan baku, dan bantuan dana.</p><ul><li><strong>Reboisasi di sekitar kota-kota besar</strong></li></ul><p>Reboisasi dapat dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, atau swasta. Pemerintah dapat menyediakan lahan untuk reboisasi, sedangkan masyarakat dan swasta dapat membantu dalam pelaksanaan reboisasi.</p><ul><li><strong>Sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga ketersediaan air tanah</strong></li></ul><p>Sosialisasi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti media massa, media sosial, dan kegiatan-kegiatan penyuluhan. Sosialisasi ini penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga ketersediaan air tanah.</p><p>Tindakan-tindakan tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan sulitnya air hujan meresap ke tanah dan berakibat pada ketersediaan air tanah bagi warga di kota-kota besar di Indonesia.</p>

Tindakan rasional dalam jangka pendek untuk mengatasi permasalahan sulitnya air hujan meresap ke tanah dan berakibat pada ketersediaan air tanah bagi warga di kota-kota besar di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Pemerintah dapat menerapkan peraturan yang mewajibkan pembangunan gedung bertingkat untuk memiliki sumur resapan. Sumur resapan adalah lubang yang dibuat di dalam tanah untuk menampung air hujan. Air hujan yang ditampung dalam sumur resapan dapat meresap ke tanah dan menambah cadangan air tanah.
  • Pemerintah juga dapat mendorong masyarakat untuk membangun sumur resapan di rumah masing-masing. Masyarakat dapat membangun sumur resapan dengan menggunakan drum plastik atau beton.
  • Pemerintah dapat melakukan reboisasi di sekitar kota-kota besar. Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah gundul. Hutan dapat membantu menyerap air hujan dan mencegah terjadinya banjir.

Selain itu, pemerintah juga dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga ketersediaan air tanah. Masyarakat dapat diajak untuk menghemat penggunaan air dan tidak membuang sampah sembarangan.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai tindakan-tindakan tersebut:

  • Penerapan peraturan yang mewajibkan pembangunan gedung bertingkat untuk memiliki sumur resapan

Peraturan ini dapat diberlakukan oleh pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Peraturan ini dapat ditegakkan oleh dinas terkait, seperti dinas perizinan atau dinas lingkungan hidup.

  • Pemberdayaan masyarakat untuk membangun sumur resapan

Pemerintah dapat memberikan bantuan teknis dan finansial kepada masyarakat untuk membangun sumur resapan. Bantuan tersebut dapat berupa pelatihan, bantuan bahan baku, dan bantuan dana.

  • Reboisasi di sekitar kota-kota besar

Reboisasi dapat dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, atau swasta. Pemerintah dapat menyediakan lahan untuk reboisasi, sedangkan masyarakat dan swasta dapat membantu dalam pelaksanaan reboisasi.

  • Sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga ketersediaan air tanah

Sosialisasi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti media massa, media sosial, dan kegiatan-kegiatan penyuluhan. Sosialisasi ini penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga ketersediaan air tanah.

Tindakan-tindakan tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan sulitnya air hujan meresap ke tanah dan berakibat pada ketersediaan air tanah bagi warga di kota-kota besar di Indonesia.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor penghambat perdagangan internasional adalah ....

598

0.0

Jawaban terverifikasi