Wanda P

04 Agustus 2022 12:07

Iklan

Iklan

Wanda P

04 Agustus 2022 12:07

Pertanyaan

Fenomena alam berupa gempa yang terjadi di Kabupaten Sumur, Provinsi Banten adalah jenis gempa tektonik. Gempa tektonik merupakan gempa yang terjadi akibat pergeseran lempeng. Gempa yang terjadi di wilayah ini tidak berpotensi tsunami karena memiliki kekuatan 6,6 Skala Richter. Fenomena tersebut dapat dikaji menggunakan jenis prinsip geografi.... dengan alasan…


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

T. TA.Deri

17 Juni 2023 05:39

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban :</strong></p><p>Prinsip deskripsi, karena menjelaskan fenomena gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sumur dengan terperinci yaitu dilihat dari jenis gempa, kekuatannya serta potensi tsunami.</p><p>&nbsp;</p><p>Prinsip geografi terdiri dari 4 prinsip, yaitu :</p><ul><li><strong>Prinsip deskripsi, </strong>yaitu prinsip geografi yang menjelaskan suatu fenomena atau gejala geosfer dengan tulisan, data, gambar, peta, grafik atau tabel.</li><li><strong>Prinsip distribusi, </strong>yaitu prinsip geografi yang mengkaji persebaran fenomena atau gejala geosfer di atas permukaan bumi.</li><li><strong>Prinsip interelasi,</strong> yaitu prinsip geografi yang mengkaji keterkaitan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya.</li><li><strong>Prinsip korologi,</strong> yaitu prinsip gabungan deskripsi, distribusi dan interelasi.</li></ul><p>Prinsip yang sesuai digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah prinsip deskripsi. Dalam paragraf tersebut dijelaskan fenomena yang terjadi baik penyebabnya, kekuatan gempa serta potensi tsunami.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, prinsip geografi yang tepat untuk fenomena tersebut adalah prinsip deskripsi.</strong></p>

Jawaban :

Prinsip deskripsi, karena menjelaskan fenomena gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sumur dengan terperinci yaitu dilihat dari jenis gempa, kekuatannya serta potensi tsunami.

 

Prinsip geografi terdiri dari 4 prinsip, yaitu :

  • Prinsip deskripsi, yaitu prinsip geografi yang menjelaskan suatu fenomena atau gejala geosfer dengan tulisan, data, gambar, peta, grafik atau tabel.
  • Prinsip distribusi, yaitu prinsip geografi yang mengkaji persebaran fenomena atau gejala geosfer di atas permukaan bumi.
  • Prinsip interelasi, yaitu prinsip geografi yang mengkaji keterkaitan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya.
  • Prinsip korologi, yaitu prinsip gabungan deskripsi, distribusi dan interelasi.

Prinsip yang sesuai digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah prinsip deskripsi. Dalam paragraf tersebut dijelaskan fenomena yang terjadi baik penyebabnya, kekuatan gempa serta potensi tsunami.

 

Jadi, prinsip geografi yang tepat untuk fenomena tersebut adalah prinsip deskripsi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi lapisan ozon di atmosfer adalah.,,

284

0.0

Jawaban terverifikasi