ARIQ A

21 Agustus 2023 23:03

Iklan

Iklan

ARIQ A

21 Agustus 2023 23:03

Pertanyaan

enzim?

enzim?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 23:46

Jawaban terverifikasi

<p>Enzim adalah jenis protein atau molekul biologis lainnya yang berfungsi sebagai biokatalisator dalam berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam sel-sel organisme. Enzim memainkan peran penting dalam mengatur dan mempercepat reaksi kimia dalam tubuh dengan cara yang sangat efisien.</p><p>Beberapa karakteristik penting dari enzim meliputi:</p><p><strong>Spesifitas Substrat</strong>: Setiap enzim memiliki substrat spesifik yang sesuai dengan strukturnya. Substrat adalah molekul yang diubah oleh reaksi enzim. Enzim akan berinteraksi dengan substratnya dengan cara yang khusus untuk menghasilkan produk reaksi.</p><p><strong>Aksi Katalitik</strong>: Enzim bekerja dengan mengurangi energi aktivasi yang diperlukan untuk memulai reaksi kimia. Ini mempercepat laju reaksi kimia tanpa dikonsumsi dalam prosesnya. Setelah reaksi selesai, enzim dapat digunakan kembali untuk reaksi lain.</p><p><strong>Ketergantungan pada Kondisi Lingkungan</strong>: Enzim bekerja dalam kondisi lingkungan yang spesifik, termasuk suhu dan pH tertentu. Perubahan kondisi ini dapat mempengaruhi aktivitas enzim, bahkan hingga menghentikan reaksi.</p><p><strong>Nama dan Notasi</strong>: Nama enzim sering kali diakhiri dengan akhiran "-ase". Contohnya, lipase adalah enzim yang berperan dalam pemecahan lemak. Sistem notasi yang umum digunakan dalam penamaan enzim juga mencerminkan jenis reaksi yang diterapkan oleh enzim tersebut.</p><p><strong>Kofaktor dan Koenzim</strong>: Beberapa enzim memerlukan bantuan molekul tambahan, seperti ion logam atau molekul organik kecil yang disebut koenzim, untuk berfungsi dengan efektif. Molekul-molekul ini membantu enzim dalam melakukan reaksi kimia dengan efisien.</p><p><strong>Regulasi</strong>: Aktivitas enzim dapat diatur oleh mekanisme pengendalian. Beberapa enzim diaktifkan atau dinonaktifkan oleh sinyal dalam sel, sehingga memungkinkan organisme untuk mengatur jalannya reaksi kimia sesuai dengan kebutuhan.</p><p>Enzim sangat penting dalam proses-proses biokimia dalam sel, seperti pencernaan, sintesis protein, metabolisme, dan sebagainya. Tanpa adanya enzim, reaksi kimia dalam tubuh akan berlangsung sangat lambat, dan keberlangsungan kehidupan tidak akan mungkin terjadi dengan efisien.</p>

Enzim adalah jenis protein atau molekul biologis lainnya yang berfungsi sebagai biokatalisator dalam berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam sel-sel organisme. Enzim memainkan peran penting dalam mengatur dan mempercepat reaksi kimia dalam tubuh dengan cara yang sangat efisien.

Beberapa karakteristik penting dari enzim meliputi:

Spesifitas Substrat: Setiap enzim memiliki substrat spesifik yang sesuai dengan strukturnya. Substrat adalah molekul yang diubah oleh reaksi enzim. Enzim akan berinteraksi dengan substratnya dengan cara yang khusus untuk menghasilkan produk reaksi.

Aksi Katalitik: Enzim bekerja dengan mengurangi energi aktivasi yang diperlukan untuk memulai reaksi kimia. Ini mempercepat laju reaksi kimia tanpa dikonsumsi dalam prosesnya. Setelah reaksi selesai, enzim dapat digunakan kembali untuk reaksi lain.

Ketergantungan pada Kondisi Lingkungan: Enzim bekerja dalam kondisi lingkungan yang spesifik, termasuk suhu dan pH tertentu. Perubahan kondisi ini dapat mempengaruhi aktivitas enzim, bahkan hingga menghentikan reaksi.

Nama dan Notasi: Nama enzim sering kali diakhiri dengan akhiran "-ase". Contohnya, lipase adalah enzim yang berperan dalam pemecahan lemak. Sistem notasi yang umum digunakan dalam penamaan enzim juga mencerminkan jenis reaksi yang diterapkan oleh enzim tersebut.

Kofaktor dan Koenzim: Beberapa enzim memerlukan bantuan molekul tambahan, seperti ion logam atau molekul organik kecil yang disebut koenzim, untuk berfungsi dengan efektif. Molekul-molekul ini membantu enzim dalam melakukan reaksi kimia dengan efisien.

Regulasi: Aktivitas enzim dapat diatur oleh mekanisme pengendalian. Beberapa enzim diaktifkan atau dinonaktifkan oleh sinyal dalam sel, sehingga memungkinkan organisme untuk mengatur jalannya reaksi kimia sesuai dengan kebutuhan.

Enzim sangat penting dalam proses-proses biokimia dalam sel, seperti pencernaan, sintesis protein, metabolisme, dan sebagainya. Tanpa adanya enzim, reaksi kimia dalam tubuh akan berlangsung sangat lambat, dan keberlangsungan kehidupan tidak akan mungkin terjadi dengan efisien.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 00:10

Jawaban terverifikasi

Enzim adalah molekul protein kompleks yang berperan sebagai katalisator dalam berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam sel-sel organisme. Enzim mempercepat laju reaksi kimia dengan menurunkan energi aktivasi yang diperlukan untuk memulai reaksi tersebut. Dalam istilah yang lebih sederhana, enzim dapat dianggap sebagai "pemacu" reaksi kimia di dalam tubuh. Enzim bekerja dengan cara berinteraksi dengan molekul-molekul yang disebut substrat, merubahnya menjadi produk-produk baru, dan kemudian dilepaskan kembali tanpa mengalami perubahan permanen dalam proses tersebut. Karena enzim tidak ikut bereaksi dalam reaksi kimia yang difasilitasinya, enzim tersebut bisa digunakan kembali untuk memacu reaksi yang serupa. Setiap enzim memiliki spesifisitas terhadap substrat tertentu, yang berarti enzim tertentu hanya akan bekerja pada reaksi tertentu dengan substrat yang sesuai. Spesifisitas ini diatur oleh struktur tiga dimensi unik enzim, yang membuatnya cocok hanya untuk substrat-substrat tertentu. Contoh enzim dalam kehidupan sehari-hari adalah amilase, yang membantu dalam pencernaan pati menjadi gula sederhana di dalam mulut dan usus, serta katalase, yang membantu memecah hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen dalam sel-sel tubuh.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

351

2.0

Jawaban terverifikasi