Eka I

07 Maret 2020 11:32

Iklan

Iklan

Eka I

07 Maret 2020 11:32

Pertanyaan

eka akan menguraikan senyawa Mg sebanyak 4 mol yang di larutkan dalam air. jika sisa ion OH- sebanyak 4 mol.Berapakah nilai derajat ionisasi (a) yang di hasilkan ?


16

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

25 Desember 2021 08:42

Jawaban terverifikasi

Hai Eka, kakak bantu menjawab pertanyaanmu ya. Jawaban: 0,5 Sebelumnya, terdapat sedikit kesalahan pada soal tersebut. Jika yang dimaksud adalah unsur Mg, maka tidak dapat diuraikan lagi karena sudah berupa unsur yang sederhana. Namun, apabila yang dimaksud adalah senyawa Mg(OH)2, maka ketika dilarutkan dalam air akan terurai menjadi ion Mg2+ dan OH-. Mg(OH)2 adalah senyawa basa kuat yang dapat terdisosiasi sempurna dalam air menjadi ion-ionnya. Reaksi disosiasi dan mol masing-masing spesi dapat dilihat pada gambar di lampiran. Derajat disosisasi adalah perbandingan jumlah zat yang terurai terhadap jumlah zat awal. Maka, derajat disosiasi dari senyawa Mg(OH)2 tersebut adalah: derajat disosiasi = mol terurai/mol awal = 2 mol/4 mol = 0,5

alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah unsur X memiliki bilangan kuantum n=3, l=1, m=0, s=+1/2, maka tentukan : a. Jumlah proton, neutron dan elektronya. b. Konfigurasi atomnya c. Konfigurasi bila melepaskan elektron. d. Jumlah proton, neutron dan elektronnya setelah melepas elektron e. Letaknya pada tabel periodik unsur.

16

0.0

Jawaban terverifikasi