Jihan A

13 November 2022 09:56

Iklan

Iklan

Jihan A

13 November 2022 09:56

Pertanyaan

Doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara Indonesia yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan nonmiliter secara menyeluruh dan terpadu disebut ...


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

K. KSheilaTA

10 Desember 2022 14:50

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: Sishankamrata.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p><strong>Sishankamrata</strong> adalah doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan non militer secara menyeluruh dan terpadu.</p><p><strong>Menurut Peraturan Menteri Pertahanan, beberapa penjelasan tentang Doktrin adalah sebagai berikut:</strong></p><ol><li>Doktrin adalah ajaran yang dapat dijadikan penuntun, karena secara fundamental manusia memiliki perbedaan satu sama lain dalam kodratnya agar dapat memiliki kesamaan pandang dalam berpikir, bertindak, dan berlaku.&nbsp;</li><li>Doktrin mengacu pada pengalaman sejarah empirik sebagai pemikiran asli dan kekhususan yang diperoleh baik dari pelatihan maupun operasi militer yang sudah dipertimbangkan penerapannya.</li><li>Doktrin adalah dasar pragmatis untuk tindakan keputusan dan refleksi yang mendorong di tengah ketidakpastian krisis atau konflik sampai perang.&nbsp;</li><li>Dalam tingkat yang lebih tinggi, Doktrin dapat digunakan negara dalam menentukan sikap bagaimana menggunakan strategi sehingga dapat mencapai tujuan dan keberhasilan dalam pertahanan negara.</li></ol><p>Kebijakan pertahanan negara memiliki dua dimensi yang merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan, yaitu pertahanan militer dan pertahanan nonmiliter. Oleh karena itu, negara memerlukan pendekatan pertahanan yang komprehensif dalam menghadapi setiap ancaman dengan memadukan seluruh kekuatan bangsa, baik kekuatan militer maupun nonmiliter yang merupakan pengejawantahan sistem pertahanan yang dianut bangsa Indonesia, yaitu sistem pertahanan yang bersifat semesta.</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara Indonesia yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan nonmiliter secara menyeluruh dan terpadu disebut sishankamrata.</u></strong></p>

Jawaban: Sishankamrata.

 

Pembahasan:

Sishankamrata adalah doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan non militer secara menyeluruh dan terpadu.

Menurut Peraturan Menteri Pertahanan, beberapa penjelasan tentang Doktrin adalah sebagai berikut:

  1. Doktrin adalah ajaran yang dapat dijadikan penuntun, karena secara fundamental manusia memiliki perbedaan satu sama lain dalam kodratnya agar dapat memiliki kesamaan pandang dalam berpikir, bertindak, dan berlaku. 
  2. Doktrin mengacu pada pengalaman sejarah empirik sebagai pemikiran asli dan kekhususan yang diperoleh baik dari pelatihan maupun operasi militer yang sudah dipertimbangkan penerapannya.
  3. Doktrin adalah dasar pragmatis untuk tindakan keputusan dan refleksi yang mendorong di tengah ketidakpastian krisis atau konflik sampai perang. 
  4. Dalam tingkat yang lebih tinggi, Doktrin dapat digunakan negara dalam menentukan sikap bagaimana menggunakan strategi sehingga dapat mencapai tujuan dan keberhasilan dalam pertahanan negara.

Kebijakan pertahanan negara memiliki dua dimensi yang merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan, yaitu pertahanan militer dan pertahanan nonmiliter. Oleh karena itu, negara memerlukan pendekatan pertahanan yang komprehensif dalam menghadapi setiap ancaman dengan memadukan seluruh kekuatan bangsa, baik kekuatan militer maupun nonmiliter yang merupakan pengejawantahan sistem pertahanan yang dianut bangsa Indonesia, yaitu sistem pertahanan yang bersifat semesta.

 

Dengan demikian, doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara Indonesia yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan nonmiliter secara menyeluruh dan terpadu disebut sishankamrata.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan aspek trigatra dalam wawasan nusantara!

175

0.0

Jawaban terverifikasi