Abronia G

30 Agustus 2023 14:19

Iklan

Iklan

Abronia G

30 Agustus 2023 14:19

Pertanyaan

DNA merupakan materi genetik yang diwariskan dari parental ke keturunannya. Pernyataan berikut yang tidak benar mengenai struktur DNA adalah .... A. basa Adenin (A) berpasangan dengan basa Timin (T) B. basa Guanin (G) berpasangan dengan basa Sitosin (C) C. ikatan hidrogen menghubungkan basa-basa nitrogen pada untai ganda DNA D. untai ganda DNA memiliki polinukleotida komplementer searah dari 5' - 3' E. DNA mengandung gula pentosa berupa deoksiribosa


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rey D

10 September 2023 02:27

Jawaban terverifikasi

D.Untai ganda DNA memiliki polinukleotida komplementer searah dari 5'-3' Penjelasan: Struktur untai ganda DNA memiliki polinukleotida yang komplementer satu sama lain, tetapi mereka berjalan dalam arah yang berlawanan. Polinukleotida satu berjalan dari 5' ke 3', sementara polinukleotida komplementernya berjalan dari 3' ke 5'. Ini membentuk struktur "double helix" yang khas dalam DNA.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Maret 2024 10:29

Jawaban terverifikasi

jawabannya adalah D. Pernyataan D tidak benar karena untai ganda DNA memiliki polinukleotida komplementer yang berjalan searah namun berlawanan arah. Salah satu untai berjalan dari 5' ke 3', sedangkan untai komplementernya berjalan dari 3' ke 5'. Ini disebut sebagai arah antiparalel, dan kenyataannya, itu adalah karakteristik struktural utama dari molekul DNA.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa kalau ngantuk, mata terasa berat?

1

0.0

Lihat jawaban (1)