Luthfiya Z

23 Agustus 2023 03:39

Iklan

Iklan

Luthfiya Z

23 Agustus 2023 03:39

Pertanyaan

dinatrium fosfat itu apa yaa?

dinatrium fosfat itu apa yaa?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Agustus 2023 07:59

Jawaban terverifikasi

Dinatrium fosfat, juga dikenal sebagai natrium fosfat dibasa atau natrium hidrogen fosfat, adalah senyawa kimia yang terdiri dari unsur natrium, fosfor, dan oksigen. Rumus kimia untuk dinatrium fosfat adalah Na2HPO4. Senyawa ini biasanya berbentuk bubuk putih atau kristal yang larut dalam air. Dinatrium fosfat memiliki berbagai aplikasi dalam industri makanan, farmasi, dan industri kimia. Di industri makanan, dinatrium fosfat sering digunakan sebagai bahan pengawet, penstabil, dan pengatur keasaman dalam produk makanan dan minuman. Dalam farmasi, senyawa ini dapat digunakan dalam pembuatan obat-obatan dan suplemen. Selain itu, dinatrium fosfat juga digunakan dalam bidang lain, seperti sebagai bahan aditif dalam produk perawatan pribadi, serta dalam pemrosesan logam, air limbah, dan produk pembersih. Penting untuk menggunakan senyawa ini dengan bijak dan sesuai dengan pedoman penggunaan yang tepat, karena seperti banyak senyawa kimia, penggunaannya harus memperhatikan keamanan dan dampak lingkungan.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 10:18

Jawaban terverifikasi

<p>Dinatrium fosfat adalah senyawa kimia yang terbentuk dari kombinasi dua atom natrium (Na) dan satu molekul fosfat (PO4). Senyawa ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu natrium fosfat dibasa. Dinatrium fosfat umumnya hadir dalam bentuk garam anorganik, dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi industri, makanan, dan farmasi.</p><p>Ada beberapa jenis dinatrium fosfat yang memiliki berbagai kegunaan, termasuk dalam makanan, produk perawatan pribadi, dan bidang lainnya. Contohnya adalah:</p><p><strong>Pangan:</strong> Dinatrium fosfat digunakan dalam industri makanan sebagai pengatur keasaman, pengemulsi, dan penstabil. Ini dapat ditemukan dalam produk seperti daging olahan, produk susu, makanan ringan, dan minuman untuk memberikan rasa dan tekstur tertentu pada produk tersebut.</p><p><strong>Pembersih Gigi dan Produk Perawatan Pribadi:</strong> Dinatrium fosfat juga ada dalam beberapa pasta gigi sebagai bahan pembersih. Ini membantu menghilangkan plak dan noda dari gigi.</p><p><strong>Pupuk dan Pertanian:</strong> Di bidang pertanian, senyawa ini juga digunakan dalam pupuk dan nutrisi tanaman karena fosfat merupakan salah satu nutrisi penting bagi tanaman.</p><p><strong>Produksi Bahan Kimia:</strong> Dinatrium fosfat dapat digunakan dalam berbagai proses kimia industri, termasuk produksi bahan kimia dan manufaktur.</p><p>Penting untuk diingat bahwa penggunaan senyawa kimia seperti dinatrium fosfat harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan pedoman keselamatan dan regulasi yang berlaku.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Dinatrium fosfat adalah senyawa kimia yang terbentuk dari kombinasi dua atom natrium (Na) dan satu molekul fosfat (PO4). Senyawa ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu natrium fosfat dibasa. Dinatrium fosfat umumnya hadir dalam bentuk garam anorganik, dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi industri, makanan, dan farmasi.

Ada beberapa jenis dinatrium fosfat yang memiliki berbagai kegunaan, termasuk dalam makanan, produk perawatan pribadi, dan bidang lainnya. Contohnya adalah:

Pangan: Dinatrium fosfat digunakan dalam industri makanan sebagai pengatur keasaman, pengemulsi, dan penstabil. Ini dapat ditemukan dalam produk seperti daging olahan, produk susu, makanan ringan, dan minuman untuk memberikan rasa dan tekstur tertentu pada produk tersebut.

Pembersih Gigi dan Produk Perawatan Pribadi: Dinatrium fosfat juga ada dalam beberapa pasta gigi sebagai bahan pembersih. Ini membantu menghilangkan plak dan noda dari gigi.

Pupuk dan Pertanian: Di bidang pertanian, senyawa ini juga digunakan dalam pupuk dan nutrisi tanaman karena fosfat merupakan salah satu nutrisi penting bagi tanaman.

Produksi Bahan Kimia: Dinatrium fosfat dapat digunakan dalam berbagai proses kimia industri, termasuk produksi bahan kimia dan manufaktur.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan senyawa kimia seperti dinatrium fosfat harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan pedoman keselamatan dan regulasi yang berlaku.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah nama yang benar untuk senyawa di bawah ini menggunakan Sistem Yunani dan Bilangan Oksidasi! (j)PCI5

228

0.0

Jawaban terverifikasi