Nadin A

21 Mei 2024 15:19

Iklan

Iklan

Nadin A

21 Mei 2024 15:19

Pertanyaan

Diketahui fungsi konsumsi suatu negara C = 500 + 0,7SY. Pemyataan berikut yang BENAR adalah .... (1) Besamya koefisien marginal propensity to save 0,25 (2) Bila pemerintah menambah belanja 50 miliar, maka pendapatan masyarakat bertambah sebesar 200 miliar (3) Angka 0,75 menunjukkan kemiringan kurva konsumsi (4) Koefisien tax mutiplier sebesar 4


2

1


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

Dijawab 7 hari yang lalu

Penjelasan Fungsi Konsumsi C = 500 + 0,7SY Fungsi konsumsi adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara tingkat konsumsi (C) dan tingkat pendapatan disposabel (SY). Fungsi konsumsi dapat dirumuskan sebagai berikut: C = a + bSY Di mana: * C adalah tingkat konsumsi * a adalah konsumsi otonom, yaitu tingkat konsumsi yang dilakukan tanpa memperhitungkan pendapatan disposabel * b adalah marginal propensity to consume (MPC), yaitu proporsi tambahan pendapatan disposabel yang digunakan untuk konsumsi * SY adalah tingkat pendapatan disposabel, yaitu pendapatan yang diterima oleh rumah tangga setelah dikurangi pajak Penjelasan Pernyataan-pernyataan: Pernyataan 1: Besaran koefisien marginal propensity to save 0,25 Pernyataan ini SALAH. Koefisien marginal propensity to save (MPS) dapat dihitung dengan rumus berikut: MPS = 1 - MPC Dalam kasus ini, MPC = 0,7, sehingga MPS = 1 - 0,7 = 0,3. Jadi, koefisien MPS adalah 0,3, bukan 0,25. Pernyataan 2: Bila pemerintah menambah belanja 50 miliar, maka pendapatan masyarakat bertambah sebesar 200 miliar Pernyataan ini SALAH. Pernyataan ini didasarkan pada multiplier effect. Multiplier effect adalah efek ganda dari kebijakan fiskal pemerintah. Dalam hal ini, multiplier effect menunjukkan bahwa peningkatan belanja pemerintah akan meningkatkan pendapatan nasional dengan kelipatan dari jumlah belanja pemerintah yang ditambahkan. Namun, multiplier effect hanya berlaku dalam kondisi ekonomi tertentu, yaitu ketika terdapat excess capacity dalam perekonomian. Artinya, ada kapasitas produksi yang belum terpakai yang dapat digunakan untuk memenuhi permintaan tambahan yang diciptakan oleh kebijakan fiskal pemerintah. Dalam kasus ini, tidak ada informasi yang menunjukkan apakah terdapat excess capacity dalam perekonomian. Oleh karena itu, tidak dapat dipastikan bahwa pendapatan masyarakat akan bertambah sebesar 200 miliar jika pemerintah menambah belanja 50 miliar. Pernyataan 3: Angka 0,75 menunjukkan kemiringan kurva konsumsi Pernyataan ini SALAH. Angka 0,75 tidak menunjukkan kemiringan kurva konsumsi. Kemiringan kurva konsumsi ditentukan oleh nilai MPC. Dalam kasus ini, MPC = 0,7, sehingga kemiringan kurva konsumsi adalah 0,7. Pernyataan 4: Koefisien tax mutiplier sebesar 4 Pernyataan ini SALAH. Koefisien tax mutiplier menunjukkan efek ganda dari kebijakan pajak pemerintah. Dalam hal ini, koefisien tax mutiplier menunjukkan bahwa penurunan pajak akan meningkatkan pendapatan nasional dengan kelipatan dari jumlah pajak yang diturunkan. Namun, koefisien tax mutiplier tergantung pada beberapa faktor, seperti MPC dan marginal propensity to invest (MPI). Dalam kasus ini, tidak ada informasi yang menunjukkan nilai MPC dan MPI. Oleh karena itu, tidak dapat dipastikan bahwa koefisien tax mutiplier sebesar 4. Kesimpulan Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan yang benar adalah pernyataan 3. Pernyataan 1, 2, dan 4 adalah SALAH. Semoga penjelasan ini bermanfaat.


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

100. Diketahui fungsi konsumsi C = 200 + 0,8Y. bila pemerintah menambah pengeluaran sebesar Rp150 miliar dan menaikkan pengenaan pajak sbesar Rp 150 miliar dan menambah subsidi sebesar Rp 150 miliar, maka pendapatan masyarakat.... A. Berkurang Rp 150 miliar B. Bertambah Rp 100 miliar C. Bertambah Rp 150 miliar D. Bertambah Rp 750 miliar E. Tidak bertambah dan tidak berkurang (tetap)

49

0.0

Jawaban terverifikasi