AMBUS A

22 Maret 2024 08:36

Iklan

AMBUS A

22 Maret 2024 08:36

Pertanyaan

Diberikan sebuah segitiga ABC dengan panjang sisi-sisinya adalah p,q, dan r. Jika sisi terpanjang segitiga ABC adalah p, apa jenis segitiga ABC berdasarkan besar sudutnya (lancip, siku-siku, atau tumpul)? Putuskan apakah pernyataan 1 dan 2 berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut. 1. p < q + r 2. q < r A. Pernyataan 1 SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan 2 SAJA tidak cukup. B. Pernyataan 2 SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan 1 SAJA tidak cukup. C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup. D. Pernyataan 1 SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan 2 SAJA cukup. E. Pernyataan 1 dan pernyataan 2 tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

Diberikan sebuah segitiga ABC dengan panjang sisi-sisinya adalah p,q, dan r.
Jika sisi terpanjang segitiga ABC adalah p, apa jenis segitiga ABC berdasarkan besar sudutnya (lancip, siku-siku, atau tumpul)?
Putuskan apakah pernyataan 1 dan 2 berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.
1. p < q + r
2. q < r

A. Pernyataan 1 SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan 2 SAJA tidak cukup.

B. Pernyataan 2 SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan 1 SAJA tidak cukup.

C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

D. Pernyataan 1 SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan 2 SAJA cukup.

E. Pernyataan 1 dan pernyataan 2 tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

20

:

51

:

30

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

P. Nur

22 Maret 2024 08:47

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah E. Pernyataan 1 dan pernyataan 2 tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan</p><p>Ingat bahwa suatu sehitiga yang memiliki panjang sisi a,b,c dengan sisi terpanjangnya adalah c merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul apabila memenuhi syarat berikut.</p><ul><li>Jika a2 + b2 &lt; c2, maka segitiga tersebut merupakan segitiga lancip.</li><li>Jika a2 + b2 = c2, maka segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku.</li><li>Jika a2 + b2 &gt; c2, maka segitiga tersebut merupakan segitiga tumpul.</li></ul><p>Diketahui bahwa panjang sisi-sisi segitiga ABC adalah p,q,r dengan p merupakan sisi terpanjang. Untuk mengetahui jenis segitiga ABC berdasarkan besar sudutnya, perlu ditentukan hubungan antara nilai q2 + r2 dengan p2.<br>Akan diperiksa apakah pernyataan 1 dan 2 yang diberikan cukup untuk menentukan jenis segitiga ABC berdasarkan besar sudutnya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pernyataan 1: p &lt; q + r</strong><br>Ingat bahwa jumlah dua panjang sisi pada segitiga selalu lebih besar dari panjang satu sisi lainnya. Akibatnya p + q &gt; r, &nbsp;p + r &gt; q, q + r &gt; p sehingga pernyataan 1 hanya menegaskan bahwa segitiga ABC merupakan sebuah bangun segitiga dan belum dapat ditentukan apakah segitiga ABC merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, <strong>pernyataan 1 SAJA tidak cukup menjawab pertanyaan</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pernyataan 2: q &lt; r</strong><br>Dari pernyataan 2 diperoleh p &gt; r &gt; q.<br>Dari informasi ini juga belum dapat ditentukan apakah segitiga ABC merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul.<br>Sebagai contoh, perhatikan 3 segitiga dengan panjang sisi sebagai berikut.<br>Contoh 1: segitiga dengan panjang sisi 6,5,4. Diketahui 6 &gt; 5 &gt; 4 lalu didapat 62 &lt; 52 + 42 sehingga segitiga pada contoh 1 merupakan segitiga lancip.<br>Contoh 2: segitiga dengan panjang sisi 5,4,3. Diketahui 5 &gt; 4 &gt; 3 laly didapat 52 = 42 + 32 sehingga segitiga pada contoh 2 merupakan segitiga siku-siku.<br>Contoh 3: segitiga dengan panjang sisi 7,5,4. Diketahui 7 &gt; 5 &gt;4 lalu didapat 72 &gt; 52 + 42 sehingga segitiga pada contoh 3 merupakan segitiga tumpul.</p><p>&nbsp;</p><p>Dapat dilihat dari ketiga contoh tersebut, informasi p &gt; r &gt; q belum cukup untuk menjawab pertanyaan.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, <strong>pernyataan 2 SAJA tidak cukup menjawab pertanyaan</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pernyataan 1 dan 2 bersama-sama.</strong><br>Gabungan kedua pernyataan juga tidak dapat menentukan apakah segitiga ABC merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan 1 dan pernyataan 2 tidak cukup untuk menjawab pernyataan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Jadi, jawaban yang tepat adalah E.</u></strong></p>

Jawabannya adalah E. Pernyataan 1 dan pernyataan 2 tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

 

Penjelasan

Ingat bahwa suatu sehitiga yang memiliki panjang sisi a,b,c dengan sisi terpanjangnya adalah c merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul apabila memenuhi syarat berikut.

  • Jika a2 + b2 < c2, maka segitiga tersebut merupakan segitiga lancip.
  • Jika a2 + b2 = c2, maka segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku.
  • Jika a2 + b2 > c2, maka segitiga tersebut merupakan segitiga tumpul.

Diketahui bahwa panjang sisi-sisi segitiga ABC adalah p,q,r dengan p merupakan sisi terpanjang. Untuk mengetahui jenis segitiga ABC berdasarkan besar sudutnya, perlu ditentukan hubungan antara nilai q2 + r2 dengan p2.
Akan diperiksa apakah pernyataan 1 dan 2 yang diberikan cukup untuk menentukan jenis segitiga ABC berdasarkan besar sudutnya.

 

Pernyataan 1: p < q + r
Ingat bahwa jumlah dua panjang sisi pada segitiga selalu lebih besar dari panjang satu sisi lainnya. Akibatnya p + q > r,  p + r > q, q + r > p sehingga pernyataan 1 hanya menegaskan bahwa segitiga ABC merupakan sebuah bangun segitiga dan belum dapat ditentukan apakah segitiga ABC merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul.

 

Oleh karena itu, pernyataan 1 SAJA tidak cukup menjawab pertanyaan.

 

Pernyataan 2: q < r
Dari pernyataan 2 diperoleh p > r > q.
Dari informasi ini juga belum dapat ditentukan apakah segitiga ABC merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul.
Sebagai contoh, perhatikan 3 segitiga dengan panjang sisi sebagai berikut.
Contoh 1: segitiga dengan panjang sisi 6,5,4. Diketahui 6 > 5 > 4 lalu didapat 62 < 52 + 42 sehingga segitiga pada contoh 1 merupakan segitiga lancip.
Contoh 2: segitiga dengan panjang sisi 5,4,3. Diketahui 5 > 4 > 3 laly didapat 52 = 42 + 32 sehingga segitiga pada contoh 2 merupakan segitiga siku-siku.
Contoh 3: segitiga dengan panjang sisi 7,5,4. Diketahui 7 > 5 >4 lalu didapat 72 > 52 + 42 sehingga segitiga pada contoh 3 merupakan segitiga tumpul.

 

Dapat dilihat dari ketiga contoh tersebut, informasi p > r > q belum cukup untuk menjawab pertanyaan.

 

Oleh karena itu, pernyataan 2 SAJA tidak cukup menjawab pertanyaan.

 

Pernyataan 1 dan 2 bersama-sama.
Gabungan kedua pernyataan juga tidak dapat menentukan apakah segitiga ABC merupakan segitiga lancip, siku-siku, atau tumpul.

 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan 1 dan pernyataan 2 tidak cukup untuk menjawab pernyataan.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan