Raudah P

21 Januari 2020 13:03

Iklan

Iklan

Raudah P

21 Januari 2020 13:03

Pertanyaan

diantara unsur berikut yang mempunyai susunan elektron valensi oktet adalah... a. nitrogen b. helium c. klorin d. argon e. karbon


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Thoriq

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

22 Desember 2021 09:34

Jawaban terverifikasi

Hallo Raudah, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang benar adalah D. Konfigurasi elektron argon adalah 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut Secara umum, seluruh materi atau unsur yang ada di alam ini akan memiliki kecenderungan untuk mencapai keadaan stabilnya. Dalam rangka mencapai kestabilan unsur atau atom agar sesuai dengan aturan oktet atau duplet tentunya akan tergantung kepada elektron valensinya. Kecenderungan unsur-unsur lain untuk mencapai konfigurasi stabil gas mulia (elektron valensi 8) disebut dengan hukum oktet, sedangkan kecenderungan mencapai konfigurasi stabil gas mulia (elektron valensi 2) disebut hukum duplet. Pada soal ini unsur argon merupakan unsur yang mempunyai susunan elektron valensi oktet, dalam hal ini unsur argon merupakan unsur gas mulia yang memiliki elekron valensi 8 karena berada di kulit terluar (kulit 3). Konfigurasi elektron dari Argon dengan nomor atom 18 adalah 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6. Oleh karena itu, Argon mempunyai konfigurasi yang stabil sesuai aturan oktet.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah unsur X memiliki bilangan kuantum n=3, l=1, m=0, s=+1/2, maka tentukan : a. Jumlah proton, neutron dan elektronya. b. Konfigurasi atomnya c. Konfigurasi bila melepaskan elektron. d. Jumlah proton, neutron dan elektronnya setelah melepas elektron e. Letaknya pada tabel periodik unsur.

17

0.0

Jawaban terverifikasi