Hernandita O

24 Februari 2022 07:05

Iklan

Hernandita O

24 Februari 2022 07:05

Pertanyaan

Diantara Teori Abiogenesis dan Biogenesis, teori manakah yang sesuai untuk menjelaskan asal-usul kehidupan? Mengapa ?

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

15

:

37

:

11

Klaim

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

D. Anggita

01 November 2022 17:27

Jawaban terverifikasi

<p>Teori yang sesuai untuk menjelaskan tentang asal-usul kehidupan adalah teori Biogenesis.</p><p>&nbsp;</p><p>Teori terkait asal-usul kehidupan terbagi menjadi dua, yaitu teori Abiogenesis dan Biogenesis. Teori Abiogenesis adalah teori asal usul kehidupan yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Teori ini terjadi akibat peneliti pada masa lampau mendapatkan fakta dari hal yang dia lihat saja. Teori ini dicetuskan oleh seorang filsuf asal Yunani Kuno bernama Aristoteles yang meyakini bahwa makhluk hidup ada karena benda mati dan semuanya muncul secara spontan. Sehingga muncul sebutan <i>Generatio Spontanea.</i></p><p>&nbsp;</p><p>Namun, pada abad ke-17 teori ini dipatahukan oleh seorang ilmuan yang memiliki kebangsaaan Italia bernama Francesco Redi, Francesco Redi melakukan percobaan dengan menggunakan daging yang dibiarkan tertutup dan daging kedua dibiarkan terbuka. Hasilnya, pada potongan daging yang terbuka muncul belatung. Kemudian percobaan dilanjutkan oleh Lazzaro Spallanzani yang menggunakan labu yang diisi air kaldu, di mana labu pertama dibiarkan tertutup dan labu kedua dibiarkan terbuka.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Percobaan dilanjutkan oleh Louis Pasteur yang menyempurnakan percobaan dari Redi dan Spallanzani, dengan membiarkan air kaldu pada wadah labu yang berbentuk leher angsa. Hasilnya, air kaldu tetap jernih. Namun, Pasteur kemudian memecahkan leher angsa dan hasilnya air kaldu tersebut menjadi busuk. Dari hasil percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur inilah, Teori Abiogenesis terpatahkan dan menghasilkan sebuah teori baru yang disebut dengan Teori Biogenesis yang berisi <i>"omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo, omne vivum ex vivo" </i>yang dalam bahasa Indonesia berarti "setiap makhluk hidup berasal dari telur, setiap telur berasal dari makhluk hidup, setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup".</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Dengan demikian, teori Biogenesis dapat menjelaskan tentang asal-usul kehidupan.</strong></p>

Teori yang sesuai untuk menjelaskan tentang asal-usul kehidupan adalah teori Biogenesis.

 

Teori terkait asal-usul kehidupan terbagi menjadi dua, yaitu teori Abiogenesis dan Biogenesis. Teori Abiogenesis adalah teori asal usul kehidupan yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Teori ini terjadi akibat peneliti pada masa lampau mendapatkan fakta dari hal yang dia lihat saja. Teori ini dicetuskan oleh seorang filsuf asal Yunani Kuno bernama Aristoteles yang meyakini bahwa makhluk hidup ada karena benda mati dan semuanya muncul secara spontan. Sehingga muncul sebutan Generatio Spontanea.

 

Namun, pada abad ke-17 teori ini dipatahukan oleh seorang ilmuan yang memiliki kebangsaaan Italia bernama Francesco Redi, Francesco Redi melakukan percobaan dengan menggunakan daging yang dibiarkan tertutup dan daging kedua dibiarkan terbuka. Hasilnya, pada potongan daging yang terbuka muncul belatung. Kemudian percobaan dilanjutkan oleh Lazzaro Spallanzani yang menggunakan labu yang diisi air kaldu, di mana labu pertama dibiarkan tertutup dan labu kedua dibiarkan terbuka. 

 

Percobaan dilanjutkan oleh Louis Pasteur yang menyempurnakan percobaan dari Redi dan Spallanzani, dengan membiarkan air kaldu pada wadah labu yang berbentuk leher angsa. Hasilnya, air kaldu tetap jernih. Namun, Pasteur kemudian memecahkan leher angsa dan hasilnya air kaldu tersebut menjadi busuk. Dari hasil percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur inilah, Teori Abiogenesis terpatahkan dan menghasilkan sebuah teori baru yang disebut dengan Teori Biogenesis yang berisi "omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo, omne vivum ex vivo" yang dalam bahasa Indonesia berarti "setiap makhluk hidup berasal dari telur, setiap telur berasal dari makhluk hidup, setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup".

 

Dengan demikian, teori Biogenesis dapat menjelaskan tentang asal-usul kehidupan.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan