Farida M

08 November 2021 13:37

Iklan

Iklan

Farida M

08 November 2021 13:37

Pertanyaan

Deskripsikan yang anda ketahui tentang Objek material serta jelaskan secara tepat pengertian litosfer, biosfer, atmosfer, hidrosfer dan antroposfer!


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Prabowo

20 November 2021 13:52

Jawaban terverifikasi

Hallo Farida, jawaban dari soal ini adalah berkaitan dengan fenomena geosfer yang meliputi litosfer (lapisan kulit bumi), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), biosfer (lapisan hewan dan tumbuhan), dan antroposfer (lapisan manusia). Terdapat dua objek studi, yakni objek material geografi dan objek formal geografi. Objek material berkaitan dengan fenomena geosfer yang meliputi litosfer (lapisan kulit bumi), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), biosfer (lapisan hewan dan tumbuhan), dan antroposfer (lapisan manusia). 1. Litosfer (lapisan kulit bumi): lapisan bumi paling luar yang terdiri dari batuan. Litosfer mempunyai beberapa lapisan seperti kerak bumi (crust) sampai ke bagian inti bumi yang cair (molten core). 2. Atmosfer (lapisan udara): lapisan udara yang menyelimuti Bumi terdiri atas campuran dari gas. Atmosfer tersusun atas lapisan-lapisan, antara lain Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. 3. Hidrosfer (lapisan air): lapisan perairan yang ada dipermukaan bumi baik yang berupa lautan atau samudra maupun air yang ada di daratan. 4. Biosfer (lapisan hewan dan tumbuhan): lapisan bumi yang dapat dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup yang terdiri dari hewan, tumbuhan dan manusia untuk melangsungkan hidupnya. 5. Antroposfer (lapisan manusia): salah satu objek material dari suatu kajian geografi yang membahas mengenai dinamika manusia. Maka, bisa disimpulkan bahwa objek material adalah fenomena geosfer yang meliputi litosfer (lapisan kulit bumi), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), biosfer (lapisan hewan dan tumbuhan), dan antroposfer (lapisan manusia). Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jenis tanah humus adalah jenis tanah organosol. tanah ini cocok untuk budidaya tanaman padi, nanas dan kelapa. hal ini disebabkan tingginya kandungan a. silikat b. hara c. mineral d. air

104

5.0

Jawaban terverifikasi