Liza C

20 Maret 2020 04:31

Iklan

Iklan

Liza C

20 Maret 2020 04:31

Pertanyaan

deskripsikan latar belakang lahirnya Orde baru!


1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Susyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

06 Januari 2022 01:11

Jawaban terverifikasi

Hai Liza, Kaka bantu jawab yaa. Dilatarbelakangi oleh Gerakan 30 September 1965, kondisi dalam negeri Indonesia sudah mulai kacau. Presiden Soekarno dianggap tidak tegas dalam memperlakukan para pelaku gerakan ini. Akhirnya rakyat merasa tidak percaya dengan pemerintah. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut ini. Gerakan yang menjadi catatan kejam bagi sejarah Indonesia, G 30 S pada tahun 1965 semakin membuat situasi di Indonesia semakin ruyam. Presiden Seokarno dikatakan tidak tegas dalam mengatasi masalah ini sehingga membuat rakyat tidak memiliki kepercayaan kembali terhadap pemerintah. Akhirnya rakyat yang dipandu oleh mahasiswa melakukan beragam aksi protes untuk menuntut pemerintah melakukan perubahan guna mencapai stabilitas negara. Tuntutan ini dikenal dengan nama TRITURA, atau Tiga Tuntutan Rakyat. Presiden Soekarno akhirnya menandatangani sebuah surat yang isinya adalah perintah kepada Soeharto selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban untuk mengatasi situasi keamanan di Indonesia, surat ini disebut dengan Super Semar pada tanggal 11 Maret 1966. Surat ini menandai masa transisi dari Orde Lama ke Orde Baru. Semoga membantu!


Iklan

Iklan

Dzamar N

20 Maret 2020 09:11

Orde baru berdiri dengan di latar belakangi dengan dikeluarkannya SUPERSEMAR(surat perintah sebelas maret)pada tanggal 11 Maret 1966.Baru lahir pada saat Presiden Soeharto dilantik


Sarah F

20 Maret 2020 07:46

Orde baru adalah suatu tatanan seluruh peri kehidupan rakyat, bangsa, dan negarayang diletakkan kembali kepada pelaksanaan pancasila dan UUD 1945 secara murni serta konsekuen. Latar belakang lahirnya orde baru diawali dengan dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar). Orde baru hadir dengan semangat "koreksi total" atas penyimpangan yang dilakukan oleh Orde Lama. Pemerintahan orde baru baru dipimpin oleh Presiden Soeharto sejak tahun 1967-1998.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ada berapa pemberontakan di Indonesia

6

0.0

Jawaban terverifikasi