Lilly L

22 Agustus 2023 07:17

Iklan

Iklan

Lilly L

22 Agustus 2023 07:17

Pertanyaan

Dengan adanya prinsip ekonomi, kita bisa memperhitungkan keuntungan dan kerugian saat melakukan tindakan ekonomi. Contohnya seperti kasus tawar menawar yang sudah. dijelaskan di atas tadi. Ciri-ciri prinsip ekonomi adalah:

Dengan adanya prinsip ekonomi, kita bisa memperhitungkan keuntungan dan kerugian saat melakukan tindakan ekonomi. Contohnya seperti kasus tawar menawar yang sudah. dijelaskan di atas tadi. Ciri-ciri prinsip ekonomi adalah:


25

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 08:08

Jawaban terverifikasi

Ciri-ciri prinsip ekonomi adalah sebagai berikut: 1. Rasionalitas: Prinsip ekonomi didasarkan pada keputusan yang rasional dan logis. Individu atau lembaga ekonomi cenderung memilih tindakan atau keputusan berdasarkan pertimbangan manfaat dan kerugian yang diharapkan. 2. Penawaran dan Permintaan: Prinsip ekonomi mengakui bahwa harga dan kuantitas suatu barang atau jasa ditentukan oleh interaksi antara penawaran dan permintaan di pasar. Ketika permintaan melebihi penawaran, harga cenderung naik, dan sebaliknya. 3. Efisiensi: Prinsip ekonomi menekankan pentingnya alokasi sumber daya yang efisien untuk mencapai kepuasan maksimal. Hal ini berarti memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada sehingga manfaat yang dihasilkan mencapai titik optimal. 4. Incentive: Prinsip ekonomi mengakui bahwa insentif, baik dalam bentuk keuntungan finansial maupun penghargaan lainnya, memberikan motivasi bagi individu untuk berperilaku sebagaimana diharapkan dalam kegiatan ekonomi. 5. Keberlanjutan: Prinsip ekonomi mengakui pentingnya keberlanjutan baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Keberlanjutan ekonomi mencakup pemeliharaan sumber daya ekonomi jangka panjang tanpa merusak lingkungan dan masyarakat. 6. Alternatif Kompromi: Prinsip ekonomi mengakui bahwa dalam menghadapi sumber daya yang terbatas, individu atau lembaga ekonomi harus membuat pilihan dan melakukan kompromi antara kebutuhan dan keinginan yang berbeda. 7. Pertumbuhan Ekonomi: Prinsip ekonomi mengakui pentingnya pertumbuhan ekonomi sebagai tujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 8. Adanya Pasar: Prinsip ekonomi didasarkan pada keberadaan pasar sebagai mekanisme allokasi sumber daya. Pasar memungkinkan pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi dan menentukan harga yang sesuai. 9. Interdependensi: Prinsip ekonomi mengakui bahwa baik individu maupun negara saling bergantung satu sama lain dalam kegiatan ekonomi. Hubungan ekonomi internasional dan perdagangan bebas merupakan contoh dari interdependensi ini. Ciri-ciri ini membentuk dasar pemikiran ekonomi dan prinsip-prinsip ekonomi yang digunakan dalam menganalisis fenomena ekonomi dan mengambil keputusan.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 08:08

Jawaban terverifikasi

<p>Prinsip-prinsip ekonomi membentuk dasar panduan yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Dalam konteks tawar menawar atau situasi ekonomi lainnya, ciri-ciri prinsip ekonomi meliputi:</p><p><strong>Pembandingan</strong>: Prinsip ekonomi mendorong pembandingan antara pilihan yang berbeda untuk menilai manfaat dan biaya masing-masing. Dalam tawar menawar, ini mencakup membandingkan nilai barang atau layanan dengan harga yang diminta.</p><p><strong>Pertimbangan Alternatif</strong>: Prinsip ini mengajarkan untuk mempertimbangkan pilihan alternatif sebelum mengambil keputusan. Dalam tawar menawar, ini bisa berarti mempertimbangkan apakah ada penawaran yang lebih baik atau apakah tawaran saat ini merupakan pilihan terbaik.</p><p><strong>Kerangka Waktu</strong>: Keputusan ekonomi juga harus mempertimbangkan kerangka waktu. Misalnya, dalam tawar menawar, mungkin ada batasan waktu yang harus diperhatikan, seperti batas waktu penawaran atau waktu tersedia untuk memutuskan.</p><p><strong>Biaya dan Manfaat</strong>: Prinsip ini menekankan pentingnya memahami biaya dan manfaat dari tindakan ekonomi. Dalam tawar menawar, ini berarti mempertimbangkan apakah manfaat dari barang atau layanan tersebut sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.</p><p><strong>Prinsip Insentif</strong>: Insentif adalah faktor yang memotivasi tindakan ekonomi. Dalam tawar menawar, prinsip insentif dapat berarti menilai apakah tawaran yang lebih rendah akan lebih menarik bagi pembeli atau penjual.</p><p><strong>Keuntungan Marginal</strong>: Prinsip ini berkaitan dengan perubahan kecil dalam keputusan ekonomi dan apakah perubahan tersebut akan memberikan keuntungan tambahan. Dalam tawar menawar, ini mungkin berarti mempertimbangkan apakah penurunan tawaran akan menghasilkan hasil yang lebih baik.</p><p><strong>Pembagian Sumber Daya</strong>: Prinsip ini berbicara tentang cara sumber daya yang terbatas dialokasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam tawar menawar, ini dapat mencakup memutuskan bagaimana alokasi sumber daya dilakukan antara barang atau layanan yang ditawarkan dan uang yang diminta.</p><p>Ciri-ciri ini menggambarkan bagaimana prinsip-prinsip ekonomi membantu individu dan organisasi dalam memahami implikasi keputusan ekonomi dan memaksimalkan hasil dari tindakan mereka.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Prinsip-prinsip ekonomi membentuk dasar panduan yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Dalam konteks tawar menawar atau situasi ekonomi lainnya, ciri-ciri prinsip ekonomi meliputi:

Pembandingan: Prinsip ekonomi mendorong pembandingan antara pilihan yang berbeda untuk menilai manfaat dan biaya masing-masing. Dalam tawar menawar, ini mencakup membandingkan nilai barang atau layanan dengan harga yang diminta.

Pertimbangan Alternatif: Prinsip ini mengajarkan untuk mempertimbangkan pilihan alternatif sebelum mengambil keputusan. Dalam tawar menawar, ini bisa berarti mempertimbangkan apakah ada penawaran yang lebih baik atau apakah tawaran saat ini merupakan pilihan terbaik.

Kerangka Waktu: Keputusan ekonomi juga harus mempertimbangkan kerangka waktu. Misalnya, dalam tawar menawar, mungkin ada batasan waktu yang harus diperhatikan, seperti batas waktu penawaran atau waktu tersedia untuk memutuskan.

Biaya dan Manfaat: Prinsip ini menekankan pentingnya memahami biaya dan manfaat dari tindakan ekonomi. Dalam tawar menawar, ini berarti mempertimbangkan apakah manfaat dari barang atau layanan tersebut sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Prinsip Insentif: Insentif adalah faktor yang memotivasi tindakan ekonomi. Dalam tawar menawar, prinsip insentif dapat berarti menilai apakah tawaran yang lebih rendah akan lebih menarik bagi pembeli atau penjual.

Keuntungan Marginal: Prinsip ini berkaitan dengan perubahan kecil dalam keputusan ekonomi dan apakah perubahan tersebut akan memberikan keuntungan tambahan. Dalam tawar menawar, ini mungkin berarti mempertimbangkan apakah penurunan tawaran akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Pembagian Sumber Daya: Prinsip ini berbicara tentang cara sumber daya yang terbatas dialokasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam tawar menawar, ini dapat mencakup memutuskan bagaimana alokasi sumber daya dilakukan antara barang atau layanan yang ditawarkan dan uang yang diminta.

Ciri-ciri ini menggambarkan bagaimana prinsip-prinsip ekonomi membantu individu dan organisasi dalam memahami implikasi keputusan ekonomi dan memaksimalkan hasil dari tindakan mereka.

 

 


 


A. Selvi

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang

23 Agustus 2023 02:22

Jawaban terverifikasi

<p>Simak jawabannya pada pembahasan berikut!</p><p>&nbsp;</p><p>Prinsip ekonomi merupakan pedoman atau arahan dalam melakukan tindakan ekonomi. Prinsip ekonomi adalah upaya yang dilakukan untuk memperoleh hasil atau keuntungan tertentu dengan pengeluaran seminimum mungkin, dan upaya untuk memperoleh hasil atau keuntungan yang maksimal dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut ciri-ciri prinsip ekonomi:</p><p>1. Mengutamakan kebutuhan yang sifatnya lebih penting dan mendesak.</p><p>2. Bersikap hemat dan tidak boros dalam tindakannya.</p><p>3. Melakukan tindakan ekonomi dengan pertimbangan yang matang.</p><p>4. Mempertimbangkan keuntungan dan kerugian di setiap tindakan ekonomi yang dilakukan.</p>

Simak jawabannya pada pembahasan berikut!

 

Prinsip ekonomi merupakan pedoman atau arahan dalam melakukan tindakan ekonomi. Prinsip ekonomi adalah upaya yang dilakukan untuk memperoleh hasil atau keuntungan tertentu dengan pengeluaran seminimum mungkin, dan upaya untuk memperoleh hasil atau keuntungan yang maksimal dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

 

Berikut ciri-ciri prinsip ekonomi:

1. Mengutamakan kebutuhan yang sifatnya lebih penting dan mendesak.

2. Bersikap hemat dan tidak boros dalam tindakannya.

3. Melakukan tindakan ekonomi dengan pertimbangan yang matang.

4. Mempertimbangkan keuntungan dan kerugian di setiap tindakan ekonomi yang dilakukan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor penyebab kelangkaan

194

0.0

Jawaban terverifikasi