Tria R

31 Oktober 2020 05:42

Iklan

Iklan

Tria R

31 Oktober 2020 05:42

Pertanyaan

dari hasil pengamatan percobaan rutherford, didapatkan data bahwa sejumlah kecil partikel alfa yang dihamburkan dibelokkan dengan sudut yang sangat besar. berdasarkan hal ini, kesimpulan yang tidak tepat adalah A. sebagian besar massa atom terpusat pada inti B. inti atom bermuatan positif C. ukuran inti sangat kecil D. kerapatan inti sangat besar E. Inti atom berbentuk bulat


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Zulfa

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

04 Januari 2022 09:35

Jawaban terverifikasi

Halo Tria, kakak bantu jawab yaa ^^ Jawaban : E. Inti atom berbentuk bulat Yuk simak pembahasan berikut agar lebih paham ^^ Model atom Rutherford yang dikenal dengan model planet dari atom dicetuskan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911. Model ini mendeskripsikan atom sebagai partikel padat, kecil, dengan inti yang bermuatan positif, hampir seluruh massa atomnya terpusatkan, elektron mengelilingi inti dengan jarak tertentu. Percobaan hamburan sinar alfa pada lempengan emas menunjukkan sinar alfa sebagian besar diteruskan seolah-olah melewati ruang kosong. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar volume atom adalah ruang hampa, sehingga sebagian besar pancaran sinar alfa yang mengenai lempengan emas lurus menembus atom dan sebagian kecilnya dibelokkan. Menurut Rutherford, pembelokan ini terjadi akibat sinar mengenai bagian inti yang bermuatan positif yang kelak disebut proton. Sehingga model atom Rutherford menyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.


Iklan

Iklan

Lidyaayu L

26 Desember 2020 06:02

c. ukuran inti sangat kecil. semoga membantu u..


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah unsur X memiliki bilangan kuantum n=3, l=1, m=0, s=+1/2, maka tentukan : a. Jumlah proton, neutron dan elektronya. b. Konfigurasi atomnya c. Konfigurasi bila melepaskan elektron. d. Jumlah proton, neutron dan elektronnya setelah melepas elektron e. Letaknya pada tabel periodik unsur.

17

0.0

Jawaban terverifikasi