Lewis L

13 Januari 2023 10:03

Iklan

Lewis L

13 Januari 2023 10:03

Pertanyaan

Dari data berikut. Reaksi antara logam mg dengan larutan HCl yang diperkirakan paling cepat adalah percobaan nomor..... a.1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

16

:

36

:

29

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

27 Maret 2023 09:33

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban : D.</p><p>&nbsp;</p><p>Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yaitu:</p><p>- Konsentrasi</p><p>Semakin tinggi konsentrasi, maka semakin banyak molekul dalam tiap satuan sehingga tumbukan antar molekul intensitasnya makin sering terjadi dan reaksinya berlangsung semakin cepat.</p><p>- Luas permukaan</p><p>Semakin besar luas permukaan partikelnya, maka frekuensi tumbukan semakin tinggi sehingga reaksinya berlangsung semakin cepat. Padatan yang bentuknya serbuk halus memiliki luas permukaan bidang sentuh yang lebih besar dibandingkan dengan padatan yang berbentuk lempeng atau butiran.</p><p>- Suhu</p><p>Semakin tinggi suhu yang digunakan akan menyebabkan energi kinetik (energi gerak partikel) molekul pereaksi semakin besar sehingga kemungkinkan terjadinya tumbukan efektif semakin besar dan reaksi akan berjalan lebih cepat.</p><p>- Katalis</p><p>Adanya katalis dapat mempercepat reaksi dengan cara membentuk tahap - tahap reaksi yang memiliki energi aktivasi lebih rendah.</p><p>Pada soal di atas, laju reaksi antara logam Mg dengan larutan HCl yang diperkirakan paling cepat adalah percobaan nomor 4. Hal ini dikarenakan luas permukaannya besar (berupa serbuk), konsentrasi paling besar (0,5 M), dan suhu paling tinggi (40<sup>0</sup>C).</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, reaksi antara logam Mg dengan larutan HCl yang diperkirakan paling cepat adalah percobaan nomor 4.<br>&nbsp;</p>

Jawaban : D.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yaitu:

- Konsentrasi

Semakin tinggi konsentrasi, maka semakin banyak molekul dalam tiap satuan sehingga tumbukan antar molekul intensitasnya makin sering terjadi dan reaksinya berlangsung semakin cepat.

- Luas permukaan

Semakin besar luas permukaan partikelnya, maka frekuensi tumbukan semakin tinggi sehingga reaksinya berlangsung semakin cepat. Padatan yang bentuknya serbuk halus memiliki luas permukaan bidang sentuh yang lebih besar dibandingkan dengan padatan yang berbentuk lempeng atau butiran.

- Suhu

Semakin tinggi suhu yang digunakan akan menyebabkan energi kinetik (energi gerak partikel) molekul pereaksi semakin besar sehingga kemungkinkan terjadinya tumbukan efektif semakin besar dan reaksi akan berjalan lebih cepat.

- Katalis

Adanya katalis dapat mempercepat reaksi dengan cara membentuk tahap - tahap reaksi yang memiliki energi aktivasi lebih rendah.

Pada soal di atas, laju reaksi antara logam Mg dengan larutan HCl yang diperkirakan paling cepat adalah percobaan nomor 4. Hal ini dikarenakan luas permukaannya besar (berupa serbuk), konsentrasi paling besar (0,5 M), dan suhu paling tinggi (400C).

 

Jadi, reaksi antara logam Mg dengan larutan HCl yang diperkirakan paling cepat adalah percobaan nomor 4.
 


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan