Ladia C

08 Maret 2024 00:24

Iklan

Iklan

Ladia C

08 Maret 2024 00:24

Pertanyaan

Dari banyaknya revolusi, manakah revolusi yang berpengaruh di kawasan eropa? Jelaskan!


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Scuta S

08 Maret 2024 00:37

Jawaban terverifikasi

Terdapat beberapa revolusi yang berpengaruh besar di kawasan Eropa, di antaranya: 1. Revolusi Industri Revolusi ini bermula di Inggris dan pada awal abad ke-19, mulai menyebar ke negara-negara Eropa lainnya hingga ke benua Amerika. Revolusi Industri didorong oleh beberapa faktor, seperti berkembangnya budidaya tanaman baru seperti jagung dan kentang, ditemukannya metode pertanian yang lebih modern, termasuk dalam pengolahan tanah, sistem rotasi tanaman, serta pembibitan tanaman. Aufklärung (Abad Pencerahan) yang berkembang di abad ke 18 juga mendorong manusia untuk menggunakan kemampuan akalnya semaksimal mungkin sehingga mendorong banyaknya penemuan yang menjadi cikal bakal Revolusi Industri. 2. Revolusi Prancis (1789–1799) Revolusi ini adalah periode sosial radikal dan pergolakan politik yang memiliki dampak besar terhadap sejarah Prancis dan lebih luas lagi terhadap Eropa secara keseluruhan. Monarki absolut yang telah berabad-abad memerintah Prancis runtuh dalam waktu tiga tahun. Revolusi ini juga mempengaruhi pandangan radikal di berbagai negara Eropa lainnya. kedua revolusi ini memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan sosial, politik, dan ekonomi di kawasan Eropa. ___________ semoga membantu ✨


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 00:41

Jawaban terverifikasi

<p><br>Salah satu revolusi yang sangat berpengaruh di kawasan Eropa adalah Revolusi Industri. Revolusi Industri merupakan serangkaian perubahan besar-besaran dalam produksi, teknologi, ekonomi, dan masyarakat yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19 di Eropa. Beberapa elemen kunci dari Revolusi Industri yang memberikan dampak besar termasuk:</p><p><strong>Pergeseran Dari Produksi Tangan Ke Produksi Mesin:</strong> Revolusi Industri ditandai dengan pengenalan mesin dan teknologi baru dalam sektor produksi. Penggunaan mesin dan tenaga uap menggantikan metode produksi tangan tradisional, membawa efisiensi dan peningkatan kapasitas produksi yang signifikan.</p><p><strong>Pertumbuhan Sektor Industri:</strong> Revolusi Industri mendorong pertumbuhan sektor industri, terutama di sektor tekstil, pertambangan, dan manufaktur. Pabrik-pabrik besar bermunculan, mengubah lanskap ekonomi dan sosial Eropa.</p><p><strong>Urbanisasi dan Perubahan Sosial:</strong> Pertumbuhan sektor industri menyebabkan urbanisasi massal, dengan banyak orang bermigrasi dari desa ke kota untuk bekerja di pabrik-pabrik. Ini menciptakan perubahan besar dalam struktur sosial, gaya hidup, dan kondisi pekerja.</p><p><strong>Peningkatan Teknologi Transportasi:</strong> Revolusi Industri juga melibatkan peningkatan teknologi transportasi, seperti kereta api dan kapal uap. Ini membuka akses yang lebih cepat dan efisien untuk distribusi barang dan komunikasi, menghubungkan daerah yang lebih luas di Eropa.</p><p><strong>Perubahan Ekonomi dan Munculnya Kapitalisme:</strong> Revolusi Industri membawa perubahan dalam sistem ekonomi dengan munculnya kapitalisme modern. Pengusaha kapitalis muncul sebagai pemimpin dalam ekonomi, dan hubungan antara pemilik modal dan pekerja mengalami transformasi signifikan.</p><p>Revolusi Industri tidak hanya menciptakan perkembangan ekonomi dan teknologi tetapi juga memicu perubahan besar dalam struktur sosial dan politik di Eropa. Dampaknya terasa dalam jangka panjang dan membentuk dasar bagi perkembangan ekonomi dan industri di berbagai negara Eropa serta di seluruh dunia.</p>


Salah satu revolusi yang sangat berpengaruh di kawasan Eropa adalah Revolusi Industri. Revolusi Industri merupakan serangkaian perubahan besar-besaran dalam produksi, teknologi, ekonomi, dan masyarakat yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19 di Eropa. Beberapa elemen kunci dari Revolusi Industri yang memberikan dampak besar termasuk:

Pergeseran Dari Produksi Tangan Ke Produksi Mesin: Revolusi Industri ditandai dengan pengenalan mesin dan teknologi baru dalam sektor produksi. Penggunaan mesin dan tenaga uap menggantikan metode produksi tangan tradisional, membawa efisiensi dan peningkatan kapasitas produksi yang signifikan.

Pertumbuhan Sektor Industri: Revolusi Industri mendorong pertumbuhan sektor industri, terutama di sektor tekstil, pertambangan, dan manufaktur. Pabrik-pabrik besar bermunculan, mengubah lanskap ekonomi dan sosial Eropa.

Urbanisasi dan Perubahan Sosial: Pertumbuhan sektor industri menyebabkan urbanisasi massal, dengan banyak orang bermigrasi dari desa ke kota untuk bekerja di pabrik-pabrik. Ini menciptakan perubahan besar dalam struktur sosial, gaya hidup, dan kondisi pekerja.

Peningkatan Teknologi Transportasi: Revolusi Industri juga melibatkan peningkatan teknologi transportasi, seperti kereta api dan kapal uap. Ini membuka akses yang lebih cepat dan efisien untuk distribusi barang dan komunikasi, menghubungkan daerah yang lebih luas di Eropa.

Perubahan Ekonomi dan Munculnya Kapitalisme: Revolusi Industri membawa perubahan dalam sistem ekonomi dengan munculnya kapitalisme modern. Pengusaha kapitalis muncul sebagai pemimpin dalam ekonomi, dan hubungan antara pemilik modal dan pekerja mengalami transformasi signifikan.

Revolusi Industri tidak hanya menciptakan perkembangan ekonomi dan teknologi tetapi juga memicu perubahan besar dalam struktur sosial dan politik di Eropa. Dampaknya terasa dalam jangka panjang dan membentuk dasar bagi perkembangan ekonomi dan industri di berbagai negara Eropa serta di seluruh dunia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Aku minta tolong yaa🙏

0

5.0

Jawaban terverifikasi