Gian H

22 Agustus 2023 04:07

Iklan

Iklan

Gian H

22 Agustus 2023 04:07

Pertanyaan

dampak positif dan negatif revolusi e teknologi otomatis

dampak positif dan negatif revolusi  e teknologi otomatis


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Super G

22 Agustus 2023 06:29

Jawaban terverifikasi

Revolusi teknologi otomatisasi memiliki dampak positif dan negatif yang signifikan: Dampak Positif: 1. Efisiensi: Teknologi otomatisasi meningkatkan efisiensi proses dengan mengurangi keterlibatan manusia, mempercepat produksi, dan mengurangi waktu yang diperlukan. 2. Produktivitas: Proses otomatisasi dapat meningkatkan produktivitas karena dapat bekerja selama 24 jam tanpa henti. 3. Kualitas: Teknologi otomatisasi cenderung menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih konsisten dan minim kesalahan manusia. 4. Keamanan: Penerapan otomatisasi dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja dan risiko paparan manusia terhadap lingkungan yang berbahaya. 5. Inovasi: Teknologi otomatisasi mendorong inovasi lebih lanjut dalam pengembangan sistem dan perangkat otomatis. Dampak Negatif: 1. Pengangguran: Revolusi otomatisasi dapat mengurangi peluang pekerjaan bagi manusia karena beberapa pekerjaan manusia dapat digantikan oleh mesin. 2. Ketergantungan: Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi otomatisasi dapat menyebabkan masalah ketika terjadi gangguan sistem atau kegagalan teknologi. 3. Biaya Implementasi: Implementasi teknologi otomatisasi memerlukan biaya yang signifikan untuk pembelian, instalasi, dan pemeliharaan peralatan. 4. Ketidaksetaraan: Ketidaksetaraan dapat meningkat jika sumber daya yang diperlukan untuk mengadopsi teknologi otomatisasi tidak merata di masyarakat. 5. Kurangnya Keterampilan: Ketika teknologi otomatisasi berkembang dengan cepat, kekurangan keterampilan dalam mengoperasikan dan memelihara peralatan otomatis dapat muncul. Secara keseluruhan, revolusi teknologi otomatisasi membawa potensi positif yang besar untuk perbaikan dalam banyak aspek, tetapi juga perlu diimbangi dengan upaya untuk mengatasi dampak negatif yang mungkin timbul.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 12:28

Jawaban terverifikasi

<p>Revolusi dalam teknologi otomatisasi memiliki dampak positif dan negatif yang signifikan:</p><p><strong>Dampak Positif:</strong></p><p><strong>Efisiensi dan Produktivitas:</strong> Teknologi otomatisasi memungkinkan proses-produks melalui mesin dan sistem otomatis, meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Hal ini dapat mengurangi biaya produksi dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.</p><p><strong>Kualitas dan Akurasi:</strong> Otomatisasi sering kali menghasilkan produk atau layanan dengan kualitas dan akurasi yang lebih tinggi karena kurangnya keterlibatan manusia yang rentan terhadap kesalahan manusiawi.</p><p><strong>Peningkatan Keselamatan:</strong> Penggunaan teknologi otomatisasi dapat mengurangi risiko cedera pekerja dalam lingkungan kerja yang berbahaya dengan menggantikan tugas-tugas yang berpotensi berbahaya dengan mesin dan robot.</p><p><strong>Inovasi:</strong> Teknologi otomatisasi sering menjadi katalisator inovasi di berbagai industri. Hal ini memungkinkan pengembangan produk baru dan penemuan solusi baru untuk masalah yang ada.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Dampak Negatif:</strong></p><p><strong>Kehilangan Pekerjaan:</strong> Salah satu dampak negatif utama dari revolusi teknologi otomatisasi adalah potensi kehilangan pekerjaan. Banyak pekerjaan yang dapat digantikan oleh sistem otomatis, yang dapat menyebabkan pengangguran struktural dan ketidakstabilan ekonomi.</p><p><strong>Kesenjangan Sosial:</strong> Revolusi teknologi otomatisasi dapat memperkuat kesenjangan sosial antara mereka yang memiliki akses dan keterampilan untuk menghadapi teknologi tersebut dan mereka yang tidak. Hal ini dapat meningkatkan kesenjangan pendapatan dan kesempatan.</p><p><strong>Ketergantungan pada Teknologi:</strong> Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi otomatisasi juga dapat menjadi risiko. Gangguan teknis atau kegagalan sistem dapat memiliki dampak yang luas, termasuk gangguan produksi dan kerugian ekonomi.</p><p><strong>Ketidakpastian dan Ketidakamanan Pekerjaan:</strong> Meskipun teknologi otomatisasi dapat meningkatkan keselamatan di beberapa area, ia juga dapat menciptakan ketidakpastian dan ketidakamanan pekerjaan bagi individu yang terus-menerus dihadapkan pada ancaman penggantian oleh teknologi.</p>

Revolusi dalam teknologi otomatisasi memiliki dampak positif dan negatif yang signifikan:

Dampak Positif:

Efisiensi dan Produktivitas: Teknologi otomatisasi memungkinkan proses-produks melalui mesin dan sistem otomatis, meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Hal ini dapat mengurangi biaya produksi dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Kualitas dan Akurasi: Otomatisasi sering kali menghasilkan produk atau layanan dengan kualitas dan akurasi yang lebih tinggi karena kurangnya keterlibatan manusia yang rentan terhadap kesalahan manusiawi.

Peningkatan Keselamatan: Penggunaan teknologi otomatisasi dapat mengurangi risiko cedera pekerja dalam lingkungan kerja yang berbahaya dengan menggantikan tugas-tugas yang berpotensi berbahaya dengan mesin dan robot.

Inovasi: Teknologi otomatisasi sering menjadi katalisator inovasi di berbagai industri. Hal ini memungkinkan pengembangan produk baru dan penemuan solusi baru untuk masalah yang ada.

 

Dampak Negatif:

Kehilangan Pekerjaan: Salah satu dampak negatif utama dari revolusi teknologi otomatisasi adalah potensi kehilangan pekerjaan. Banyak pekerjaan yang dapat digantikan oleh sistem otomatis, yang dapat menyebabkan pengangguran struktural dan ketidakstabilan ekonomi.

Kesenjangan Sosial: Revolusi teknologi otomatisasi dapat memperkuat kesenjangan sosial antara mereka yang memiliki akses dan keterampilan untuk menghadapi teknologi tersebut dan mereka yang tidak. Hal ini dapat meningkatkan kesenjangan pendapatan dan kesempatan.

Ketergantungan pada Teknologi: Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi otomatisasi juga dapat menjadi risiko. Gangguan teknis atau kegagalan sistem dapat memiliki dampak yang luas, termasuk gangguan produksi dan kerugian ekonomi.

Ketidakpastian dan Ketidakamanan Pekerjaan: Meskipun teknologi otomatisasi dapat meningkatkan keselamatan di beberapa area, ia juga dapat menciptakan ketidakpastian dan ketidakamanan pekerjaan bagi individu yang terus-menerus dihadapkan pada ancaman penggantian oleh teknologi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Identifikasikan lima dampak positif konflik sosial!

160

0.0

Jawaban terverifikasi