Python M

08 Oktober 2022 14:21

Iklan

Python M

08 Oktober 2022 14:21

Pertanyaan

Dalam surat Al A'la ayat 2-3 dijelaskan bahwa Allah menciptakan berbagai makhluk dengan segala Jenis, macam dan sifatnya. Salah satu jenis dan fat tersebut dapat ditemukan di berbagai tipe mulut pada serangga pada gambar berikut: Berdasarkan gambar, serangga tersebut tipe mulutnya adalah... (A) Menjilat dan menghisap (B) Mengunyah dan menusuk (C) Mengigit dan mengunyah (D) Menghisap dan mengigit

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

15

:

28

:

37

Klaim

3

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

N. Susiana

25 Oktober 2022 04:13

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah (A) Menjilat dan menghisap</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan jenis makanannya, ada 5 tipe mulut serangga, yaitu:</p><ol><li>Tipe mulut menggigit dan mengunyah yang dimiliki oleh belalang. Serangga yang suka memakan daun ini memiliki 2 rahang yang disebut mandibula (rahang atas) berfungsi untuk memotong makanan dan maksila (rahang bawah) berfungsi untuk mengunyah makanan.&nbsp;</li><li>Tipe mulut menusuk dan menghisap yang dimiliki oleh nyamuk untuk menusuk kulit dan menghisap darah korbannya.</li><li>Tipe mulut menjilat dan menghisap yang dimiliki oleh lalat untuk mengubah makanan yang memiliki tekstur keras menjadi lebih lunak. Proses ini dilakukan lalat dengan mengeluarkan air liurnya. Setelah makanan menjadi lunak, lalat kemudian menghisapnya.</li><li>Tipe mulut meraut dan menghisap yang dimiliki oleh kutu daun untuk melubangi bagian tanaman baik daun muda maupun batang daun. Setelah itu kutu daun menghisap cairan dari bagian tanaman tersebut.</li><li>Tipe mulut mengait dan menghisap yang dimiliki olejh adalah kupu-kupu untuk menempel ke kelopak bunga. Setelah menempel, kupu-kupu akan menghisap nektar dari bunga tersebut.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Jadi, berdasarkan gambar, serangga tersebut tipe mulutnya adalah (A) Menjilat dan menghisap.</p><p>&nbsp;</p>

Jawabannya adalah (A) Menjilat dan menghisap

 

Pembahasan:

 

Berdasarkan jenis makanannya, ada 5 tipe mulut serangga, yaitu:

  1. Tipe mulut menggigit dan mengunyah yang dimiliki oleh belalang. Serangga yang suka memakan daun ini memiliki 2 rahang yang disebut mandibula (rahang atas) berfungsi untuk memotong makanan dan maksila (rahang bawah) berfungsi untuk mengunyah makanan. 
  2. Tipe mulut menusuk dan menghisap yang dimiliki oleh nyamuk untuk menusuk kulit dan menghisap darah korbannya.
  3. Tipe mulut menjilat dan menghisap yang dimiliki oleh lalat untuk mengubah makanan yang memiliki tekstur keras menjadi lebih lunak. Proses ini dilakukan lalat dengan mengeluarkan air liurnya. Setelah makanan menjadi lunak, lalat kemudian menghisapnya.
  4. Tipe mulut meraut dan menghisap yang dimiliki oleh kutu daun untuk melubangi bagian tanaman baik daun muda maupun batang daun. Setelah itu kutu daun menghisap cairan dari bagian tanaman tersebut.
  5. Tipe mulut mengait dan menghisap yang dimiliki olejh adalah kupu-kupu untuk menempel ke kelopak bunga. Setelah menempel, kupu-kupu akan menghisap nektar dari bunga tersebut.

 

Jadi, berdasarkan gambar, serangga tersebut tipe mulutnya adalah (A) Menjilat dan menghisap.

 


Iklan

Langit S

11 Oktober 2022 02:09

c kek nya


Langit S

11 Oktober 2022 02:10

sorry klo salah krn gue gtw


Humaira N

16 Oktober 2022 11:30

Jawabannya b


Abid P

04 November 2022 12:44

jawabannya adalah (A) menjilat dan menghisap


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan