Eldina M

01 Desember 2022 07:25

Iklan

Iklan

Eldina M

01 Desember 2022 07:25

Pertanyaan

Dalam suatu percobaan yang bertujuan untuk menyelidiki " Apakah banyaknya pupuk yang di tambahkan memengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi lebih besar " Dari pernyataan tersebut tentukan: a. Hipotesis dari percobaan b. Variabel bebas c. Variabel terikat d. Variabel kontrol

Dalam suatu percobaan yang bertujuan untuk menyelidiki " Apakah banyaknya pupuk yang di tambahkan memengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi lebih besar " 

Dari pernyataan tersebut tentukan:

a. Hipotesis dari percobaan 

b. Variabel bebas 

c. Variabel terikat 

d. Variabel kontrol


1

1


Iklan

Iklan

Mey A

02 Desember 2022 22:49

Dalam melakukan pengamatan/penelitian, metode ilmiah diperlukan untuk mempermudah menjawab permasalahan yang ingin dipecahkan melalui penelitian/pengamatan itu. Jadi bisa disimpulkan, metode Ilmiah adalah acuan pendekatan/tata cara yang digunakan dalam penelitian/ pengamatan ilmiah agar penelitian atau pengamatan tersebut bisa menjawab permasalahan yang ingin dipecahkan. Adapun tahapan-tahapan metode ilmiah terdiri dari merumuskan masalah, menyusun hipotesis, menetapkan variabel penelitian, menetapkan prosedur kerja,mengumpulkan data, mengolah serta menganalisis data,membuat kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian. Hipotesis merupakan dugaan sementara atas rumusan masalah penelitian. Hipotesis harus berdasarkan dasar teori yang sudah dipilih dan bersifat objektif (terukur). Pada kasus ini hipotesisnya dapat berupa " pertambahan ukuran tanaman dipengaruhi oleh banyaknya pupuk yang ditambahkan" (poin A terjawab). Selanjutnya variabel bebas, terikat, dan kontrol. Nah variabel itu sendiri merupakan suatu atribut, nilai atau sifat dari objek, individu atau kegiatan yang mempunyai banyak variasi tertentu antara satu dan lainnya yang telah ditentukan oleh peneliti untuk diteliti dan dicari informasinya serta ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian, variabel dikelompokkan menjadi 3, yakni variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol... Variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi variabel lain/menjadi sebab atau berubahnya suatu variabel lain dalam kata lain variabel bebas adalah variabel dalam suatu eksperimen yang dimanipulasi oleh peneliti. Dalam hal ini variabel bebasnya adalah pemberian pupuk (poin B terjawab). Variabel terikat adalah variabel yang tidak dimanipulasi oleh peneliti dan memberikan efek yang sudah diduga oleh peneliti sejak awal. Dalam hal ini variabel terikatnya adalah penambahan ukuran tumbuhan, cara pengukurannya bisa menggunakan alat bantu terkalibrasi seperti dendrometer untuk mengukur diameter batang dan auksanometer untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman (poin C terjawab). Sedangkan variabel kontrol merupakan variabel yang dikendalikan sehingga pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Dalam hal ini variabel kontrolnya dapat berupa intensitas cahaya, asupan air, dan media tanam (poin D terjawab).


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

455

0.0

Jawaban terverifikasi