Aditya A

22 April 2020 11:06

Iklan

Iklan

Aditya A

22 April 2020 11:06

Pertanyaan

Dalam sebuah dialog tersaji urutan peristiwa yang dimulai dengan orientasi, komplikasi, sampai dengan resolusi. jelaskan isi dari urutan bagian komplikasi.


34

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Faizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta

26 Januari 2022 12:39

Jawaban terverifikasi

Hai, Aditya A. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya ☺️ Komplikasi merupakan bagian yang berisi puncak masalah yang memengaruhi nasib tokoh. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), drama ialah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan tokoh dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan. Ciri-ciri drama sebagai berikut. 1. Terdapat naskah berupa dialog yang akan diperankan oleh tokoh. 2. Cerita dipentaskan. 3. Memerlukan latihan khusus sebelum melakukan pentas. 4. Cerita diperankan oleh manusia melalui lisan, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh. 5. Penonton dapat secara langsung menyaksikan sajian drama. 6. Biasa didukung oleh pencahayaan dan musik. Struktur drama sebagai berikut. 1. Prolog, yaitu pembukaan atau pengantar cerita yang disampaikan oleh narator di awal drama. 2. Dialog, yaitu bagian yang berisi percakapan antar tokoh yang berperan dalam drama. Dialog berisi 3 bagian sebagai berikut. a. Orientasi, yaitu bagian yang berisi pengenalan tokoh, latar/setting, serta pengenalan konflik drama. b. Komplikasi, yaitu bagian yang berisi puncak masalah yang memengaruhi nasib tokoh. c. Resolusi, yaitu bagian yang berisi penyelesaian masalah hingga berakhirnya masalah yang dialami tokoh. 3. Epilog, yaitu bagian penutup yang berisi simpulan atau amanat dalam drama. Dengan demikian, komplikasi merupakan bagian yang berisi puncak masalah yang memengaruhi nasib tokoh. Semoga membantu ☺️


Iklan

Iklan

Sherli J

23 April 2020 04:26

komplikasi :berisi tentang konflik-konflik dan pengembangannya: gangguan-gangguan, halangan-halangan dalam mencapai tujuan,atau kekeliruan yang dialami tokoh utamanya,pada bagian ini pula dapat diketahui watak tokoh utama (yang mengangkut protagonis dan antagonis)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kalimat yang menyatakan kelebihan isi buku apa sih kk??

3

0.0

Jawaban terverifikasi