Ilma H

28 Maret 2020 03:21

Iklan

Iklan

Ilma H

28 Maret 2020 03:21

Pertanyaan

Dalam proses pembuatan tempe selain, selain ditaburkan jamur Rhizopus sp, bahan kedelai harus ditutup rapat dengan menggunakan daun atau plastik saat penyimpanan hal ini agar…. * A. proses fermentasi berjalan dengan baik karena jamur Rhizopus sp adalah anaerob B. tempe menghasilkan suhu yang cukup untuk mengurai protein dalam kedelai C. tidak lagi diperlukan pembungkus saat tempe yang sudah jadi akan dipasarkan D. terjadi pertumbuhan benang miselium yang lebih panjang dan kokoh


103

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Budiartini

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

21 Januari 2022 16:23

Jawaban terverifikasi

Halo Ilma, kakak bantu jawab ya :) Jawaban yang tepat adalah A. proses fermentasi berjalan dengan baik karena jamur 𝘙𝘩𝘪𝘻𝘰𝘱𝘶𝘴 sp. adalah anaerob Fermentasi merupakan proses pengawetan makanan alami, di mana mikroorganisme seperti ragi dan bakteri mengubah karbohidrat, seperti pati dan gula menjadi alkohol atau asam. Fermentasi pada tempe menggunakan bakteri ragi. Bakteri ragi ini merupakan bakteri anaerob. Bakteri anaerob merupakan jenis bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Bakteri anaerob tumbuh tanpa terkontaminasi udara bebas. Proses fermentasi berlangsung pada suhu kamar dimana kedelai yang sudah dibungkus tersebut didiamkan selama 1-2 hari. Hingga seluruh permukaan kedelai tertutupi jamur. Selain memberi rasa dan aroma yang khas, proses fermentasi juga menjadikan tempe lebih mudah dicerna oleh tubuh. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Putri M

28 Maret 2020 04:35

D.


Lail L

28 Maret 2020 09:58

A.


Teguh T

08 September 2023 10:07

D. Rhizopus itu jamur yang aerob obligat, perlu oksigen banget untuk bisa kerja. Ditutup daun atau plastik bolong-bolong agar terlindung dari infeksi mikroba kompetitor.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

organ reproduksi internal pada wanita terbagi atas.......bagian, sebutkan fan berikan fungsi dari masing" organnya?????

16

5.0

Jawaban terverifikasi