Hany Y

30 Agustus 2020 07:46

Iklan

Iklan

Hany Y

30 Agustus 2020 07:46

Pertanyaan

Dalam KMB menghasilkan 6 keputusan/isi KMB, dari ke 6 tersebut: a. manakah yg merubah ketatanegaraan Indonesia? jelaskan alasannya!


28

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Yulianti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

28 Januari 2022 01:41

Jawaban terverifikasi

Hallo Hany Y, Kakak bantu jawab ya. Hasil dari keputusan KMB yaitu Penyerahan kedaulatan RIS oleh Belanda, Pembentukan Uni Indonesia-Belanda, Indonesia mengambil semua milik Belanda, Masalah Irian Barat dibahas satu tahun kemudian. Isi KMB yang mengubah tatanan negara diantaranya yaitu Kerajaan Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia secara penuh dan tanpa syarat kepada Republik Indonesia Serikat (RIS). Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Konferensi Meja Bundar merupakan upaya diplomasi yang berhasil membebaskan Indonesia dari Belanda. Tujuannya untuk menyelesaikan sengketa Indonesia dan Belanda seadil dan secepatnya. Hasilnya yaitu : - Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949. - Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda. Dalam uni itu, Indonesia dan Belanda akan bekerja sama. - Kedudukan Indonesia dan Belanda sederajat. - Masalah Irian Barat akan dibahas satu tahun kemudian. KMB memuat isi yang mengubah tatanan negara antara lain : Kerajaan Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia secara penuh dan tanpa syarat kepada Republik Indonesia Serikat (RIS), Status RIS dengan kerajaan Belanda terikat dalam suatu Uni Indonesia-Belanda yang dikepalai Ratu Belanda, Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur, sedang Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) akan dibubarkan dengan catatan bahwa para anggotanya yang diperlukan akan dimasukkan dalam kesatuan TNI. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

wujud nyata dari peranan indonesia adalah pengiriman kontigen garuda sebagai bagian dari pasukan pbb. kontigen garuda 1 dikirimkan ke mesir pada thn 1957 untuk membantu misi

2

0.0

Jawaban terverifikasi