Hadirat S

23 November 2021 11:48

Iklan

Iklan

Hadirat S

23 November 2021 11:48

Pertanyaan

Dalam hypothasa Mr. Oparin serta percobaan yang dilakukan Mr. Harold Urey, tidak diuraikan tentang adanya oksigen, mengapa demikian ?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

18 Mei 2022 15:16

Jawaban terverifikasi

Dalam hipotesa Oparin serta percobaan yang dilakukan Harold Urey, tidak diuraikan tentang adanya oksigen karena oksigen baru muncul ketika setelah kandungan senyawa organik di bumi purba semakin berkurang. Berdasarkan pendapat Oparin dan hasil percobaan Urey-Miller diketahui bahwa atmosfer purba bereaksi dengan petir dan menghasilkan senyawa organik sehingga pada saat itu kandungan senyawa organik di bumi melimpah. Akan tetapi, atmosfer bumi belum mengandung oksigen sehingga respirasi masih terjadi secara anaerob. Inilah mengapa para ahli berpendapat bahwa organisme yang muncul pertama kali bersifat heterotrof-anaerob. Organisme autotrof mulai muncul setelah kandungan senyawa organik di bumi purba semakin berkurang. Organisme autotrof memanfaatkan senyawa anorganik untuk kehidupannya dengan menghasilkan oksigen pula sehingga lama kelamaan kadar oksigen di bumi meningkat dan mulai munculah organisme eukariotik yang sifatnya aerob. Oleh karena itu, dalam hipotesa Oparin serta percobaan yang dilakukan Harold Urey, tidak diuraikan tentang adanya oksigen karena oksigen baru muncul ketika setelah kandungan senyawa organik di bumi purba semakin berkurang.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan sistem kerja enzim

2

5.0

Jawaban terverifikasi

Hasil pencernaan tersebut di bawah ini siap diabsorpsi oleh usus halus, KECUALI … A. gliserol B. asam lemak C. monosakarida D. vitamin E. polipeptida

8

0.0

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan