Cintaning A

21 Agustus 2023 12:06

Iklan

Iklan

Cintaning A

21 Agustus 2023 12:06

Pertanyaan

Dalam bahasa ilmu politik, persamaa warga negara biasa diseb dengan istilah .... a. right of legal quality b. political equality. c. political right d. properti right e. personal equality Mohon bantuannya ya kak, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Dalam bahasa ilmu politik, persamaa warga negara biasa diseb dengan istilah ....

a. right of legal quality

b. political equality.

c. political right 

d. properti right

e. personal equality

Mohon bantuannya ya kak, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 12:21

Jawaban terverifikasi

<p>"Political equality" atau "persamaan politik" adalah konsep penting dalam ilmu politik yang mengacu pada prinsip bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan politik dan partisipasi dalam proses politik. Konsep ini melibatkan aspek-aspek berikut:</p><p><strong>Hak Memilih dan Dipilih</strong>: Semua warga negara memiliki hak yang sama untuk memberikan suara dalam pemilihan umum dan memiliki peluang yang sama untuk terpilih ke dalam jabatan publik tanpa diskriminasi.</p><p><strong>Hak Partisipasi Politik</strong>: Semua warga negara memiliki hak untuk mengikuti kegiatan politik, seperti menghadiri pertemuan politik, berbicara dalam debat umum, dan menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu politik.</p><p><strong>Perlakuan yang Sama dalam Hukum</strong>: Prinsip persamaan warga negara juga mencakup aspek hukum, di mana semua warga negara harus diperlakukan dengan adil dan setara di hadapan hukum, tanpa memandang latar belakang, agama, ras, jenis kelamin, atau status sosial.</p><p><strong>Akses yang Sama terhadap Informasi</strong>: Persamaan politik juga berarti bahwa semua warga negara harus memiliki akses yang sama terhadap informasi politik dan publik. Ini termasuk akses terhadap media yang bebas dan beragam, sehingga mereka dapat membentuk pandangan politik yang berdasarkan informasi yang memadai.</p><p><strong>Perlindungan Hak Asasi Manusia</strong>: Prinsip persamaan politik juga melibatkan perlindungan hak asasi manusia bagi semua warga negara, sehingga setiap individu memiliki hak untuk hidup, kebebasan, dan keamanan yang dijamin tanpa diskriminasi.</p><p><strong>Penghapusan Diskriminasi</strong>: Prinsip ini juga berjuang untuk penghapusan segala bentuk diskriminasi dalam kehidupan politik dan publik, termasuk menghapus hambatan yang menghalangi partisipasi politik dari kelompok-kelompok tertentu.</p><p>Dalam konteks Indonesia, "persamaan politik" ini tercermin dalam nilai-nilai Pancasila, khususnya pada sila "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia." Prinsip ini juga ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945), yang menjamin hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia secara adil dan setara dalam segala aspek kehidupan politik dan masyarakat.</p><p>Jawaban: B</p><p>&nbsp;</p>

"Political equality" atau "persamaan politik" adalah konsep penting dalam ilmu politik yang mengacu pada prinsip bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan politik dan partisipasi dalam proses politik. Konsep ini melibatkan aspek-aspek berikut:

Hak Memilih dan Dipilih: Semua warga negara memiliki hak yang sama untuk memberikan suara dalam pemilihan umum dan memiliki peluang yang sama untuk terpilih ke dalam jabatan publik tanpa diskriminasi.

Hak Partisipasi Politik: Semua warga negara memiliki hak untuk mengikuti kegiatan politik, seperti menghadiri pertemuan politik, berbicara dalam debat umum, dan menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu politik.

Perlakuan yang Sama dalam Hukum: Prinsip persamaan warga negara juga mencakup aspek hukum, di mana semua warga negara harus diperlakukan dengan adil dan setara di hadapan hukum, tanpa memandang latar belakang, agama, ras, jenis kelamin, atau status sosial.

Akses yang Sama terhadap Informasi: Persamaan politik juga berarti bahwa semua warga negara harus memiliki akses yang sama terhadap informasi politik dan publik. Ini termasuk akses terhadap media yang bebas dan beragam, sehingga mereka dapat membentuk pandangan politik yang berdasarkan informasi yang memadai.

Perlindungan Hak Asasi Manusia: Prinsip persamaan politik juga melibatkan perlindungan hak asasi manusia bagi semua warga negara, sehingga setiap individu memiliki hak untuk hidup, kebebasan, dan keamanan yang dijamin tanpa diskriminasi.

Penghapusan Diskriminasi: Prinsip ini juga berjuang untuk penghapusan segala bentuk diskriminasi dalam kehidupan politik dan publik, termasuk menghapus hambatan yang menghalangi partisipasi politik dari kelompok-kelompok tertentu.

Dalam konteks Indonesia, "persamaan politik" ini tercermin dalam nilai-nilai Pancasila, khususnya pada sila "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia." Prinsip ini juga ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945), yang menjamin hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia secara adil dan setara dalam segala aspek kehidupan politik dan masyarakat.

Jawaban: B

 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 12:32

Jawaban terverifikasi

Dalam bahasa ilmu politik, persamaan warga negara biasa disebut dengan istilah: b. political equality. Political equality mengacu pada prinsip bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam partisipasi politik dan perlakuan yang adil dalam proses politik. Ini berarti bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih, berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan politik, dan mendapatkan perlakuan yang sama di hadapan hukum dan pemerintah. Prinsip ini merupakan dasar dari demokrasi dan prinsip-prinsip keadilan politik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan aspek trigatra dalam wawasan nusantara!

179

0.0

Jawaban terverifikasi