Arifatul H

10 Agustus 2023 06:55

Iklan

Arifatul H

10 Agustus 2023 06:55

Pertanyaan

contoh tanaman kultur jaringan

contoh tanaman kultur jaringan

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

11

:

36

:

43

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

10 Agustus 2023 07:27

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Beberapa Jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan metode Kultur Jaringan adalah :</strong></p><ul><li><strong>Tanaman</strong> Hias (anggrek, bunga potong)</li><li><strong>Tanaman</strong> Buah – buahan (pisang)</li><li><strong>Tanaman</strong> Industri dan kehutanan (kopi, jati).&nbsp;</li><li><strong>tidak semua bisa melakukan proses kultur jaringan, hanya jenis tanaman yang mempunyai macam jenis jaringan yang sering digunakan untuk melakukan proses kultur jaringan.</strong></li></ul><p>Tahapan kultur jaringan:</p><ol><li>7 Teknik <strong>Kultur Jaringan</strong> dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui.</li><li>Isolasi Bahan Tanam. Kegiatan <strong>kultur jaringan</strong> yang pertama yaitu isolasi bahan tanam atau eksplan.&nbsp;</li><li>Sterilisasi Eksplan.&nbsp;</li><li>Penanaman Eksplan.</li><li>Perbanyakan Propagul.&nbsp;</li><li>Pengakaran.&nbsp;</li><li>6. Aklimatisasi dan Pemindahan Tanaman ke Lapang.</li></ol><p>Hasil kultur jaringan:</p><p>Melalui teknik sterilisasi dan penggunaan media tumbuh yang steril, kultur jaringan dapat menghasilkan <strong>bibit tanaman yang bebas dari patogen, seperti bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit tanaman</strong>.</p><p><strong>Keuntungan kultur jaringan</strong> pada <strong>tumbuhan</strong> adalah menghasilkan <strong>tumbuhan</strong> yang bersifat unggul. Hal tersebut karena <strong>kultur jaringan</strong> dapat mengisolasi genotipe, mengeliminasi penyakit, memperbaiki cacat tertentu padatanaman, dan memproduksi metabolit tertentu.</p><p>&nbsp;</p>

Beberapa Jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan metode Kultur Jaringan adalah :

  • Tanaman Hias (anggrek, bunga potong)
  • Tanaman Buah – buahan (pisang)
  • Tanaman Industri dan kehutanan (kopi, jati). 
  • tidak semua bisa melakukan proses kultur jaringan, hanya jenis tanaman yang mempunyai macam jenis jaringan yang sering digunakan untuk melakukan proses kultur jaringan.

Tahapan kultur jaringan:

  1. 7 Teknik Kultur Jaringan dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui.
  2. Isolasi Bahan Tanam. Kegiatan kultur jaringan yang pertama yaitu isolasi bahan tanam atau eksplan. 
  3. Sterilisasi Eksplan. 
  4. Penanaman Eksplan.
  5. Perbanyakan Propagul. 
  6. Pengakaran. 
  7. 6. Aklimatisasi dan Pemindahan Tanaman ke Lapang.

Hasil kultur jaringan:

Melalui teknik sterilisasi dan penggunaan media tumbuh yang steril, kultur jaringan dapat menghasilkan bibit tanaman yang bebas dari patogen, seperti bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit tanaman.

Keuntungan kultur jaringan pada tumbuhan adalah menghasilkan tumbuhan yang bersifat unggul. Hal tersebut karena kultur jaringan dapat mengisolasi genotipe, mengeliminasi penyakit, memperbaiki cacat tertentu padatanaman, dan memproduksi metabolit tertentu.

 


Iklan

Sumber W

Community

10 Agustus 2023 08:19

Jawaban terverifikasi

<p>Kultur jaringan adalah teknik pengembangan bibit tanaman secara cepat dengan teknologi &nbsp;modern dan dilakukan dilaboratorium. Sebenarnya semua tanaman bisa dikembangkan dengan kultur jaringan tapi biasanya yang dikembangnya adalah tanaman untuk skala besar (perkebunan). Tanaman yang bisa dikultur jaringan diantaranya :</p><ol><li>Pisang</li><li>Kelapa Sawit</li><li>Anggrek</li></ol>

Kultur jaringan adalah teknik pengembangan bibit tanaman secara cepat dengan teknologi  modern dan dilakukan dilaboratorium. Sebenarnya semua tanaman bisa dikembangkan dengan kultur jaringan tapi biasanya yang dikembangnya adalah tanaman untuk skala besar (perkebunan). Tanaman yang bisa dikultur jaringan diantaranya :

  1. Pisang
  2. Kelapa Sawit
  3. Anggrek

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan