Ayu C

15 Mei 2024 12:05

Iklan

Iklan

Ayu C

15 Mei 2024 12:05

Pertanyaan

contoh nama kerajaan berdasarkan ikrar ?

contoh nama kerajaan berdasarkan ikrar ?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Velove C

16 Mei 2024 06:11

Jawaban terverifikasi

<p>Sumpah Palapa diikrarkan oleh Gajah Mada ketika ia dilantik sebagai Patih kerajaan Majapahit pada tahun 1331 M. Intisari sumpah tersebut adalah bahwa Gajah Mada bersumpah untuk tidak akan makan palapa (semacam jenis rempah-rempah yang manis)</p>

Sumpah Palapa diikrarkan oleh Gajah Mada ketika ia dilantik sebagai Patih kerajaan Majapahit pada tahun 1331 M. Intisari sumpah tersebut adalah bahwa Gajah Mada bersumpah untuk tidak akan makan palapa (semacam jenis rempah-rempah yang manis)


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Mei 2024 03:53

Jawaban terverifikasi

1. Kerajaan Majapahit - Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" mencerminkan keberagaman suku, agama, dan budaya yang disatukan di bawah satu kekuasaan Majapahit. - Semboyan ini menunjukkan visi Majapahit untuk menyatukan keragaman menjadi satu kesatuan yang utuh. - Hal ini sejalan dengan upaya Majapahit untuk memperluas kekuasaannya dan menyatukan wilayah-wilayah di Nusantara. 2. Kerajaan Mataram Islam - Semboyan "Hamemayu Hayuning Bawana" mencerminkan cita-cita Mataram untuk mewujudkan keharmonisan dan kesejahteraan di dunia. - Semboyan ini menggambarkan visi Mataram sebagai kerajaan yang ingin menjaga keindahan dan keseimbangan alam semesta. - Hal ini sejalan dengan upaya Mataram untuk menjadi kerajaan yang makmur, adil, dan sejahtera bagi rakyatnya. 3. Kesultanan Ternate - Semboyan "Alon-Alon Waton Kelakon" mencerminkan kebijaksanaan dan kesabaran Kesultanan Ternate dalam mencapai tujuan. - Semboyan ini menggambarkan pendekatan yang hati-hati dan bertahap dalam menjalankan roda pemerintahan. - Hal ini sejalan dengan upaya Ternate untuk mempertahankan kekuasaannya di tengah persaingan dengan kerajaan-kerajaan lain. 4. Kesultanan Buton - Semboyan "Bhinci-Bhinciki Kuli" mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan yang dipegang oleh Kesultanan Buton. - Semboyan ini menggambarkan komitmen Buton untuk saling menghargai dan menghormati sesama. - Hal ini sejalan dengan upaya Buton untuk membangun keharmonisan dan stabilitas di wilayahnya. 5. Kerajaan Sriwijaya - Semboyan "Sriwijaya Dwipa" mencerminkan identitas dan kekuasaan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim. - Semboyan ini menggambarkan Sriwijaya sebagai pusat kekuasaan yang menguasai wilayah-wilayah kepulauan di Nusantara. - Hal ini sejalan dengan upaya Sriwijaya untuk menjadi kekuatan maritim yang dominan di kawasan Asia Tenggara. Secara keseluruhan, nama-nama kerajaan yang didasarkan pada ikrar atau semboyan mencerminkan visi, nilai, dan aspirasi yang ingin diwujudkan oleh masing-masing kerajaan dalam menjalankan pemerintahan dan memperluas pengaruhnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berapa: 10×21÷10+9+2×0=

15

0.0

Jawaban terverifikasi