Mimi M

11 Januari 2023 17:46

Iklan

Iklan

Mimi M

11 Januari 2023 17:46

Pertanyaan

Contoh Konflik dengan kelompok lain dapat menghasilkan solidaritas di dalam kelompok tersebut dan solidaritas tersebut dapat mengantarkan kepada aliansi dengan kelompok lain.


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

K. KSheilaTA

01 Mei 2023 04:47

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: konflik yang terjadi antara buruh pabrik dan pemilik pabrik.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p><strong>Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konflik </strong>adalah percekcokan, perselisihan, dan pertentangan. <strong>Konflik sosial adalah</strong> pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan.&nbsp;</p><p><strong>Konflik terjadi karena adanya perbedaan dalam interaksi baik kelompok maupun individu </strong>yang terdiri dari:</p><ol><li>Perbedaan jalan pikiran, pandangan dan perasaan seorang individu.</li><li>Perbedaan kepentingan antara individu maupun antara kelompok.</li><li>Perbedaan kebudayaan antar individu maupun kelompok.&nbsp;</li><li>Perubahan nilai yang cepat dan mendadak yang dialami suatu kelompok.</li></ol><p><strong>Konflik yang menimbulkan solidaritas dengan kelompoknya sendiri dan dapat menghasilkan aliansi dengan kelompok lain adalah apabila terjadi perbedaan seperti pada kasus nomor 4. </strong>Sebagai contohnya, konflik yang terjadi antara buruh pabrik dengan pemilik pabrik yang disebabkan karena hadirnya alat-alat bantu industri untuk efektifitas dan efisiensi yang menimbulkan pemutusan hubungan kerja sebagian besar buruh pabrik. Hal ini akan menghasilkan solidaritas dari sekelompok buruh dan menimbulkan aliansi kelompok buruh lain atau bahkan para aktivis yang membela kepentingan para buruh yang dirugikan dalam hal ini.</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, konflik dengan kelompok lain dapat menghasilkan solidaritas di dalam kelompok tersebut dan solidaritas tersebut dapat mengantarkan kepada aliansi dengan kelompok lain contohnya adalah konflik yang terjadi antara buruh pabrik dan pemilik pabrik.</u></strong></p>

Jawaban: konflik yang terjadi antara buruh pabrik dan pemilik pabrik.

 

Pembahasan:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konflik adalah percekcokan, perselisihan, dan pertentangan. Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan. 

Konflik terjadi karena adanya perbedaan dalam interaksi baik kelompok maupun individu yang terdiri dari:

  1. Perbedaan jalan pikiran, pandangan dan perasaan seorang individu.
  2. Perbedaan kepentingan antara individu maupun antara kelompok.
  3. Perbedaan kebudayaan antar individu maupun kelompok. 
  4. Perubahan nilai yang cepat dan mendadak yang dialami suatu kelompok.

Konflik yang menimbulkan solidaritas dengan kelompoknya sendiri dan dapat menghasilkan aliansi dengan kelompok lain adalah apabila terjadi perbedaan seperti pada kasus nomor 4. Sebagai contohnya, konflik yang terjadi antara buruh pabrik dengan pemilik pabrik yang disebabkan karena hadirnya alat-alat bantu industri untuk efektifitas dan efisiensi yang menimbulkan pemutusan hubungan kerja sebagian besar buruh pabrik. Hal ini akan menghasilkan solidaritas dari sekelompok buruh dan menimbulkan aliansi kelompok buruh lain atau bahkan para aktivis yang membela kepentingan para buruh yang dirugikan dalam hal ini.

 

Dengan demikian, konflik dengan kelompok lain dapat menghasilkan solidaritas di dalam kelompok tersebut dan solidaritas tersebut dapat mengantarkan kepada aliansi dengan kelompok lain contohnya adalah konflik yang terjadi antara buruh pabrik dan pemilik pabrik.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

menggambarkan wilayah dan pihak-pihak yang terlibat dalam perbedaan peta konflik (bentuk- bentuk konflik) disebut ..... a mapping of issue b geographical gmaps с mapping of power alignments d mapping of needs andi fears e semua jawaban benar

789

0.0

Jawaban terverifikasi